ARIPITSTOP.COM – Punya motor dengan teknologi injeksi memang perlu perawatan yang ekstra dibandingkan dengan motor yang masih memakai karburator, banyak yang perlu diperhatikan dari injektor, fuelpump sampai kondisi tangki yang harus selalu bersih biar sistem injeksi bekerja dengan sempurna. Kalau tidak dirawat, seperti motor HOnda PCX yang satu ini, motornya brebet dan sering mogok.

Kali ini bengkel Zona Speed kedatangan Honda PCX 125, lupa tahun berapa motor ini, yap… PCX 125 yang masih CBU dari Thailand, sebenarnya sich tidak memandang merk ataupun tipe motornya, tapi untuk diperhatikan semua motor jenis injeksi.

Ceritanya motor Honda PCX 125 ini dikeluhkan brebet dan sering mogok-mogok ketika dipakai. Setelah dicek oleh mekanik Zona Speed, cek pengapian masih bagus, api di busi masih besar. Lanjut cek tekanan fuelpump memakai alat Fuel pressure gauge, ternyata hasilnya tekanan fuelpump sudah jauh berkurang dari nilai standarnya.

Lanjut kita lihat bagian tangki, ketika tutup tangki dibuka, waduh…. ada karatan dan kotoran. Kemudaan kita putuskan untuk melepas fuelpump, waladalah…

Kondisi fuelpumpnya kok kotor banget, filter fuelpump sampai mampet gitu, pantesan motor brebet.

Komponen Filter Fuelpump bertugas menyaring segala macam kotoran, jadinya bahan bakar yang disedot fuel pump ke injektor dalam keadaan bersih. Kalau kondisi filter fuel pump sudah kotor, maka daya sedot fuel pump akan berkurang/tertahan yang membuat tenaga motor berkurang, kadang ketika bensin dalam kondisi full yang sedikit terbantu ada daya dorong dari bensin karena dalam kondisi full.

Kalau kondisi filter fuel pump yang sudah kotor tidak segera diganti maka akan berpengaruh ke kinerja fuel pump yang tekanannya akan berkurang, malah merogoh kocek yang banyak kalau fuel pump sudah rusak. Filter fuel pump yang sudah kotor maka kotoran akan ikut masuk ke dalam rotor/rotak yang merupakan alat vital dari fuel pump, kalau rotak sudah kemasukan kotoran akan berimbas pada berkurangnya tekanan yang dihasilkan fuel pump yang hasilnya power motor yang berkurang.

Seperti pada kasus motor PCX 125 ini, oleh karena dilakukan penggantian filter fuelpump yang baru dan karena kalau ganti Fuelpump yang baru harganya hampir mencapai Rp 2 juta karena motor sudah masuk pra sejarah. Maka diarikan rotaknya yang harganya masih dibawah Rp 200ribuan.

Kemudian tangki tidak lupa ikut dibersihkan, dan hasilnya… motor jadi jreng jreng lagi…

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini