ARIPITSTOP.COM – Rusaknya drat kruk as yang biasa terjadi motor matic Yamaha ternyata bisa terjadi juga di motor matic Honda. Ketika drat kruk as rusak, biasanya bengkel akan menyarankan untuk turun mesin untuk memperbaikinya dan tentu harus pakai biaya yang tak sedikit, oleh karena itu solusinya lebih hemat ya harus bikin drat ulang tanpa turun mesin di Zona Speed.

Kali ini bengkel Zona Speed kedatangan motor Honda Vario 125 dari Tangerang, datang jauh-jauh ke Zona Speed setelah melihat video proses pembuatan drat kruk as tanpa turun mesin di Youtube dan Instagram punya Aripitstop.

Drat kruk as yang selek biasanya lebih sering terjadi di motor matic Yamaha karena jenis dratnya memakai drat jenis halus, sedangkan untuk matic Honda memakai drat jenis kasar yang terkenal bandel, bisa dikencengin pakai impact tidak ada masalah. Namun entah kenapa motor vario yang satu ini kok bisa selek.

Ketika drat kruk as sudah selek, maka solusinya adalah :

  1. Yang pertama adalah ganti kruk as yang baru, tentu harus belah turun mesin dengan biaya yang cukup mahal minimal total sekitar Rp 1,5 jutaan.
  2. Solusi yang kedua bikin drat ulang dengan turun mesin, biayanya lebih sedikit dibandingkan ganti baru kruk asnya. Prosesnya tetap harus turun mesin lalu kruk as dibawa ke bengkel bubut untuk dibikin drat baru. Biayanya sekitar Rp 600ribuan atau lebih.
  3. Nach… solusi yang ketiga ini solusi tanpa turun mesin yang tidak semua bengkel melayani ini. Kalau di Zona Speed jasa pembuatan drat kruk as tanpa turun mesin adalah Rp 280rb.

Seperti yang dialami oleh pemilik motor vario 125 yang satu ini, meski jauh-jauh dari Tangerang ke Bekasi, tetap dilakukan agar drat kruk asnya kembali normal dan aman dipakai.

Proses pembuatan drat kruk as biasanya memakan waktu sekitar 4 jam, sehingga disarankan untuk datang pagi karena kalau datang siang biasanya sudah ditolak.

Hasil drat kruk asnya tetap sesuai ukuran bawaan motor, jadi tidak merubah ukuran drat.

Untuk melihat proses pembuatan drat kruk asnya bisa ditonton video dibawah ini.

3 KOMENTAR

  1. kreasi dan solusi di mekanik handal Kang Ari tak bisa ditiru ma yg lainnya karna Kang Ari utamakan pelanggan yg dompet hy ada dana segitu ,pengertian bahasanya , bengkel lain blm tentu pengertian yg penting ada uang dijalani alias bongkar tak mengerti kondisi pelanggan sperti apa

  2. Semoga kang Ari bisa jadi Oasis ditengah panas” Nya pengurasan kantong para wong cilik oleh para oknum bengkel yang sekedar mencari untung semata tanpa memberikan solusi tepat yang meringankan kantong kita” para wong cilik 🙏🏻

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini