ARIPITSTOP.COM – Salah satu fitur unggulan di Yamaha Aerox 155 adalah Speedometer bisa menampilkan kode kerusakan yang sedang dialami oleh Motor, sehingga ketika ada kerusakan terutama yang berhubungan dengan kelistrikan, dasbor akan menampilkan kode angka yang sesuai dengan jenis kerusakan tersebut. Salah satunya adalah kali ini Speedometer Aerox 155 menampilkan angka 21, lalu apa arti dari kode 21 ini dan masalahnya?.

Langsung saja ya, kali ini di bengkel Zona Speed kedatangan motor Aerox dengan keluhan kode 21 muncul di speedometer. Arti dari kode MIL “21” adalah “Coolant temperature sensor terlepas atau korslet”.

Yap, kode 21 ada masalah pada perkabelan yang berhubungan dengan sensor suhu. Ketika muncul kode 21, SGCU/ECU tidak bisa membaca besaran suhu yang ada di mesin, meskipun motor sudah dipanaskan bahkan sudah buat jalan2, SGCU/ECU tidak menerima informasi berapa suhu yang ada di mesin. Karena tidak adanya informasi besarnya suhu yang diterima oleh SGCU, biasanya motor akan susah dihidupkan, motor juga bisa mbrebet atau performa motor akan turun.

Lalu apa sich permasalannya?, sesuai pada arti kode 21, permasalannya lebih sering karena kabel putus. Seperti yang terjadi pada motor yang sedang saya tangani ini, posisi kabel yang sering putus ada di soket sensor suhunya. Tengok pada gambar dibawah ini:

Kabel yang di soket sensor suhu ternyata putus, apesnya… bagian yang terputus tepat pada sambungan soketnya, alhasil mesti cari soket yang baru agar lebih aman kedepannya daripada disambung langsung langsung atau disolder.

Foto soketnya ada di bawah ini, antara soket yang kabel terputus dengan soket yang baru.

Kalau kabelnya putus tidak tepat di sambungan soket, maka lebih enak proses penyambungannya karena tidak perlu cari soket yang baru, tinggal disambung saja selesai dech.

Jangan lupa, ketika sambung/soket sudah diperbaiki, SGCU segera direset atau dihapus riwayat kerusakannya ya… tentunya pakai alat diagnostic tool.

Advertisements

5 KOMENTAR

  1. terimakasih infonya mas ari.
    saya juga user aerox old.
    alhamdulillah sampai sekarang belum kena kode keramat 12.KM sudah 37 ribu

  2. Mas,apa benar motor aerox ktika masuk dealer soket yg dr pabrikan dignti yg wrna putih,dgn alasan yg ori susah dibuka…tp resiko krn kendor jd meleleh..mungkin itu penyebab bnyak trouble?

    • Sy dulu pny aerox km sdh 37rb km trpksa dijual pdhl br gnt ban dan v belt..mtor sering mati tp ga ada kode kerusakan..cek dbengkel semua ok…krn ngeri saat jln tba2 mati,trpksa dijusl..tp skrg pngen beli aerox lg….krn larinya manthaf..tenaga atas bawah ngisi terus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here