ARIPITSTOP.COM – Motor mulai tidak ada tenaga atau ngempos, atau motor sering mengalami mogok akibat kompresi yang sudah lemah atau sering disebut loss kompresi, maka motor perlu servis besar. Seperti yang terjadi pada motor Honda Beat Injeksi yang masuk ke bengkel Zona Speed, mengalami mogok-mogok ketika mesin sudah panas yang indikasinya karena kompresi sudah ngelos.

Tanda-tanda kalau motor mogok akibat loss kompresi adalah ketika motor mogok lalu kick starter atau selahan kaki kita engkol, maka engkolan akan terasa enteng, tidak ada beban. Itu tandanya kompresi ngelos atau hilang, namun biasanya ketika mesin sudah dingin, motor bisa hidup lagi.

Motor yang mengalami loss kompresi biasanya dari Ring piston atau piston yang aus, kemudian bisa juga dari endapan tebal di klep sehingga menyumbat bibir klep.

Kalau sudah begini, maka waktunya motor untuk dilakukan servis besar. Kapan sih idealnya motor untuk servis besar?, dari pabrikan motor sendiri sebenarnya menganjurkan untuk melakukan servis besar rata2 di setiap motor sudah menginjak 50ribu km.

Lalu berapa biaya yang dibutuhkan untuk servis besar?, servis besar beda dengan turun mesin. Kalau servis besar itu hanya dibongkar setengah saja atau dibongkar bagian cylinder dan pistonnya sedangkan untuk turun mesin itu belah mesin dibongkar crankcase dan kruk asnya. Jadi jangan salah membedakan antara servis dengan turun mesin.

Biaya servis besar memang beda2 setiap bengkel terutama untuk soal jasa, namun soal harga sparepart untuk di bengkel resmi harusnya sama ya di semua bengkel resmi dimanapun. Kecuali bengkel umum yang harga sparepartnya tentu tergantung pemilik bengkel, mau nembak konsumen atau mau kasih harga wajar ke konsumen. Kalau di Zona Speed, harga sparepartnya tetap berpedoman dengan harga HET di bengkel resmi, meski kadang harganya dibulatkan atau dinaikkan sedikit.

Kalau di bengkel Zona Speed, untuk biaya servis besar motor matic kecil seperti Honda Beat Injeksi ini:

  • Jasa servis besar Rp 280.000
  • Korter Rp 60.000
  • Piston Assy Rp 115.000
  • Paking Head Rp 25.000
  • Paking Blok Rp 10.000
  • Sil klep Rp 15.000
  • Karet Paking Head Rp 55.000

Nah, totalnya sih sekitar 600-700 ribuan, tergantung kondisi motornya juga sih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini