ARIPITSTOP.COM – Kali ini bengkel Zona Speed kedatangan motor New Nmax dengan keluhan suara ngeletek, suaranya itu mirip seperti klep kendor atau pelatuk yang oblak, tapi ternyata bukan… motor sudah sampai kita bongkar servis besar cek pistonnya dan hasilnya mesin dalam kondisi sehat tapi kok suaranya ngeletek banget.

Yap, datang New Nmax di bengkel Zona Speed dengan kondisi suara yang ngeletek banget. Karena suaranya mirip dengan klep kendor atau pelatuk klep yang oblak, maka kita fokuskan untuk cek bagian tensioner.

Tensioner kemudian kita cek dengan mengganti yang masih bagus, dan setelah terpasang ternyata suaranya masih ada. Ok, lanjut cek bagian mesin, kita cek jeroan headnya dulu yaitu klep, bearing noken as dan pelatuk klep.

Setelah terbongkar pelatuk dan noken as, ternyata kondisinya masih aman banget, masih layak untuk dipakai, lanjut kita putuskan untuk mengecek bagian piston dan cylinder karena sesuai info dari pemilik motor kalau motor ini pernah kekuarangan oli mesin.

Setelah kita cek bagian piston dan cylinder ternyata masih halus mulus dan masih layak dipakai.

Bingungkan… semua mesin dicek masih normal dan layak pakai. Kecuali kruk as yang tidak bongkar karena dari ciri2 suaranya itu tidak masuk klasifikasi suara kerusakan dari kruk as.

Lanjut semua mesin kita rakit lagi.

Semua sudah selesai dirakit, lalu apalagi?, baru keingetan kalau dulu di Zona Speed juga pernah kedatangan motor Aerox 155 old yang pernah ganti magnet karena suara ngeletek juga.

Dan kita putuskan untuk mencari magnet untuk nyobain dulu, sebelum memastikan beli magnet yang baru. Dna ketika diganti magnetnya… jreng… ternyata benar saja sumber suaranya dari magnet.

Akhirnya… kok bisa magnet yang bikin suara ngeletek ?, inilah yang masih menjadi pertaannya buat saya, karena kalau dilihat dari fisik luarnya, kondisi magnet tidak ada yang aneh.

Untuk lebih lanjut bisa dilihat video dibawah ini:

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini