ARIPITSTOP.COM – Subtitusi sparepart motor dari merk lain sudah lazim digunakan, kalau harga sparepart di motor kita terasa mahal atau susah cari sparepartnya, maka pilihan lain tentu saja memakai part dari motor lain yang bisa dipakai karena dimensi dan ukurannya yang sama. Sama halnya dengan kampas ganda di motor Mio Karburator yang bisa memakai motor lain.

Seperti kasus pada kampas ganda Mio Karbu, kalau melihat part catalog Yamaha, harga kampas ganda Mio Karbu hampir tembus 300ribu, itu karena dijual satu set dengan plat dudukannya. Sebenarnya ada juga yang jual hanya sepatu kampasnya saja namun sedikit toko atau dealer Yamaha yang menyediakannya, sebenarnya itu sparepart asli tapi hanya toko tertentu saja yang menjualnya., harganya juga diangka Rp 180ribuan.

Makanya kalau servis di bengkel resmi Yamaha, kebanyakan akan diganti memakai kampas ganda yang satu set, karena di part catalog memang hanya tercantum yang satu set tidak ada yang satuan hanya sepatu kampasnya.

Namun bagi yang keberatan dengan harga tersebut, kita bisa memakai kampas ganda Honda Beat atau Suzuki Nex yang bisa dibeli sepatu kampasnya saja dan tentu dengan harga yang jauh lebih murah. Kampas ganda Beat dan Suzuki Nex masih dibawah 150ribuan.

Selain harganya yang lebih murah, kampas kopling ganda milik Honda Beat memiliki profil yang sedikit lebih tebal jika dibandingkan dengan kampas kopling ganda Yamaha Mio.

Jadi ketiga motor ini bisa saling subtitusi untuk bagian kampas gandanya, jangan pusing2 dech kalau bermasalah dengan harga atau sedang susah cari sparepartnya.

2 KOMENTAR

  1. sedikit saringan pengalaman…saya pernah ke bengkel langganan..untuk ganti kanvas ganda..benar,kenapa harus satu set kalo cukup ganti sepatutnya saja…tetapi mekanika mantannya ganti satuset…rupanya..kalo beda pabrikan,ada perbedaan,dudukan, ukuran karet ngga pas,jadi sepatu kanvas ganda tidak berfungsi sempurna,mekanik pun kerepotan ngakalinnya…itu kenapa…disarankan penggantian cenderung diganti satu set…PnP..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini