ARIPITSTOP.COM – Motor terasa geol atau tidak stabil saat nikung, atau motor terasa getaran berlebih saat kecepatan tinggi?, tentu sangat tidak nyaman dengan kondisi motor tersebut, bahkan bisa menjadi penyebab kecelakaan tunggal. Lalu apa saja faktor yang membuat motor geol saat nikung?.

Kali ini bengkel Zona Speed kedatangna motor Nmax old, konsumen ingin servis berkala dengan keluhan motornya tidak stabil saat kecepatan tinggi dan nggak nyaman saat menikung.

Ketika motor sedang kita servis bongkar Throtle bodynya, samil dicek oleh mekanik ternyata kondisi karet engine mounting sudah pecah bahkan remuk. Nah, inilah salah satu penyebab motor Nmax ini geal geol saat nikung dan ada getaran berlebih atau tidak stabil saat kecepatan menengah-tinggi.

Apa sih fungsi dari karet engine mounting ini?, karet mounting ini berfungsi untuk meredam getaran yang dihasilkan oleh mesin agar getaran yang disalurkan ke rangka menjadi kecil/sedikit. Karena engine mounting ini menjadi penghubung antara mesin dengan rangka. Jadi kalau karet mounting rusak, maka motor akan menjadi bergetar dan ketika menikung menjadi terasa geol.

Faktor lain yang membuat motor terasa geal geol ketika menikung atau tidak stabil saat kecepatan tinggi adalah komstir, permukaan ban tidak rata, bearing roda oblak, sok depan ambles, sok belakang sudah letoy dan velg peyang.

Komstir yang sudah oblak, ketika direm depan bagian stang akan terasa cetuk-cetuk karena kendor. kalau ini terjadi maka kenyamanan di bagian stang jadi sangat terganggu.

Kemudian faktor permukaan ban yang tidak rata, justru ini yang menjadi faktor paling sering terjadi. Permukaan ban tidak rata akan membaut motor terasa goyang saat menikung, saat melewati jalan tidak rata atau marka putih di jalan, dan biasanya stang akan goyang / bergetar saat kecepatan tinggi.

Bearing roda yang sudah oblak juga menjadi faktor lainnya, biasanya ban depan atau belakang akan goyang-goyang kalau bearing sudah oblak.

Faktor sok depan dan belakang yang sudah ambles atau terlalu empuk juga bikin goyang terutama saat nikung, tidak nyaman banget kalau memakai sok yang terlalu empuk, motor terasa terlempar saat menikung.

2 KOMENTAR

    • 1 , motor harus selalu bersih ( tikus gak suka yg bersih2)
      2 . bantai tikusnya bro , racun tikus banuak , selamat mencoba😅🤣😁

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini