ARIPITSTOP.COM – Ketika kita mau mengganti sparepart untuk motor kita, sudah pastinya kita akan melihat kondisi keuangan alias isi dompet, kalau kebetulan ada dana buat perawatan motor kita tentunya tidak segan2 untuk mengganti sparepart sesuai spesifikasi motornya, tapi kalau lagi bokek?, tentu pengen pakai subtitusi yang lebih murah meriah, apalagi dapat sparepart yang asli namun lebih murah harganya. Seperti pada motor Honda Beat series yang bisa memakai kampas ganda suzuki Nex.

Kali ini bengkel Zona Speed kedatangan konsumen yang membawa motor Honda Beat FI eSP, ketika servis bagian CVT ternyata kondisi kampas gandanya sudah tipis banget bahkan sudah kemakan sampai mangkok gandanya. Mau tidak mau, suka tidak suka, harus ganti kampas gandanya.

Dan Honda Beat eSP series, Scoopy eSP dan Vario 110 FI itu memakai dua jenis kampas ganda, yang satu memakai vendor FCC dan yang kedua memakai vendor Exedy. Parahnya adalah kalau yang FCC harganya masih murah normal seperti kampas ganda motor matic lainnya, harganya di pasaran kisaran 120-130ribuan, sedangkan yang merk Exedy ini harga di pasaran kisaran 255-270ribuan. Aneh ya… bisa jauh banget gitu selisihnya, dan kedua kampas ganda ini tidak bisa saling subtitusi, tobat jaran…

Tapi tenang… buat pemilik motor Honda Beat eSP series, Scoopy eSP dan Vario 110 FI yang kondisi keuangan lagi bokek pengen sparepart yang ori tapi harga lebih hemat bisa diakali pakai kampas ganda Suzuki Nex. Tanpa diakal-akalin bisa langsung pasang plek ketiplek alias PNP.

Jadi… ingat ya… kampas ganda Beat yang terpasang merk Exedy bisa pakai kampas ganda Suzuki Nex.

Ketika beli kampas ganda Suzuki Nex itu dapatnya satu set dengan dudukan kampas gandanya, justru itu yang bikin proses pemasangannya jadi PNP. Meski dimensi kampas ganda Beat terlihat lebih lebar dan suzuki nex lebih kecil, tapi bisa dipakai kok, ini sudah jadi jurus di bengkel Zona Speed untuk konsumen yang pengen lebih hemat pengeluaran.

Tapi perlu diingat, soal harga kampas ganda ini memang relatif berbeda tiap bengkel, karena biasanya juga tergantung kondisi stok di pasaran. Karena biasanya justru cari kampas ganda Beat yang Exedy ini malah lebih sudah ketimbang nyari kampas ganda Suzuki Nex.

Harga kampas ganda Suzuki Nex kisaran 115-150ribuan, sedangkan kampas ganda Beat Exedy kisaran 255-270ribuan.

Bisa lebih irit 120ribuan…. bukan harga seblak lagi kalau ini… bisa buat bayar SPP sekolah anak.

4 KOMENTAR

  1. bukannya dudukan buat pernya diameternya lebih kecil ya yang kampas nex? dulu beli dikira pnp buat beat fi ternyata harus dipindah kampas gandanya ke dudukan yang orinya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini