ARIPITSTOP.COM – Perawatan motor memang harus dilakukan secara rutin, jika tidak dilakukan perawatan dengan benar maka motor akan cepat rusak dan biaya untuk memperbaikinya juga butuh biaya yang cukup besar.

Kali ini bengkel Zona Speed kedatangan motor Yamaha Aerox yang mengeluhkan motornya bersuara berisik/kasar. Motorpun dicek terlebih dahulu di bagian CVT arena suaranya hampir mirip dengan suara kasarnya roler pecah atau rumah roler oblak parah, ketika sudah dibongkar bagian CVT ternyata semua part CVT dalam kondisi OK dan kita putuskan bahwa suara berasal dari bagian mesin tepatnya bagian kruk as atau crankshaft.

Kemudian, Rincian penggantian kruk as diserahkan ke pemilik motor yang totalnya hanya untuk biaya turun mesin, ganti kruk as, paking2 dan oli mesin tanpa sekir klep habisnya 1,5jutaan. Dan konsumen setuju dengan biaya tersebut, kemudian mtor kita bongkar.

Ketika motor dibongkar, ternyata bagian cylinder dan piston juga sudah baret, terlihat abgian piston sampai sudah menghitam tandanya pembakaran di ruang kompresi sudah bocor. Kemudian terlihat bagian cylinder juga sudah baret.

Estimasi biayapun jadi berubah, kita update biaya penggantian cylinder dan piston kemudian sekalian sekir klep dan totalnya mencapai Rp 2,3 jutaan.

Kenapa kruk as bisa oblak bersuara kasar dan cylinder bisa baret?, faktor utama biasanya karena pernah telat ganti oli mesin bahkan sampai kehabisan oli mesin. Atau pernah juga terisi oli mesin palsu. Penggantian oli mesin harus dilakukan secara rutin jika motor kita akan awet.

1 KOMENTAR

  1. kl piston bagian bawah dah kuning kemerahan itu overheat karna ya pasti telat ganti oli, kl oli palsu pas pakai bbrp kilometer dr jarak bengkel ke rumah itu sdh dirasakan banget kecuali orangnya cuek asal pakai tak bs bedakan oli ori dan palsu dr tenaga motor ngempos suara kasar dll hy butuh sensitif aja

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini