ARIPITSTOP.COM – Salam sehat bagi kota semua, semoga diwaktu yang masih pandemi seperti saat ini, kita senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan atas semua yang kita jalani setiap hari. Kali ini kang ari sekedar menginformasikan hal kecil namun sering terlupakan atau malah disepelekan, selang hawa di gardan pecah efeknya bikin kantong jebol.

Motor matic pastinya ada piranti gardan atau gearbox yang terletak di bagian belakang, sebagai perantara antara sistem CVT dengan Roda belakang. Gardan ini bukan cuma hanya ganti oki secara periodik saja yang harus diperhatikan  mentang2 ganti oli gardan maksimal bisa 10rb km yang tentunya sangat lama untuk periodik penggantiannya namun perlu ada perawatan lain. Contohnya adalah selang hawa/pernafasan.

Semua bagian gardan di motor matic memiliki jalur selang hawa/pernafasan, tentu fungsinya agar tidak terjadi kehampaan di ruang gardan agar sil roda belakang dan sil pully belakang tidak cepat bocor.

Biasanya selang hawa di bagian gardan ini akan disalurkan ke box filter udara atau bagia cover CVT. Pastikan kondisi selang selalu terpasang dengan benar atau bahkan pastikan kondisinya masih utuh tidak sobek.

Selang hawa di gardan jika posisinya berubah, lepas atau bahkan sobek seperti yang ada digambar maka dipastikan air akan mudah masih ke ruang gardan dan bercampur dengan oli gardan. Kalau air sudah masuk ke ruang gardan, oli akan menjadi milky dan pastinya oli yang sudah terkontaminasi dengan air justru akan menjadi perusak yang kejam.

Jika air sudah masuk dan bercampur dengan oli dan didiamkan dalam jangka lama, maka biasanya hardan akan bersuara ngiung atau malah suaranya kemosrak kalau sudah parah.

Memperbaiki gardan yang sudah bunyi siulan atau aus bersuara sangat kasar, akan bikin kantong jebol karena ketika gearbox rusak harus ganti satu set semuanya, ganti full gardan dari as pully belakang, as roda belakang, gearbox dan semua bearing, lumayan bisa habis 1jutaan.

Jadi, cek kondisi selang gardan agar motor tetap nyaman saat dipakai.

Advertisements

4 KOMENTAR

  1. rata rata pemilik motor ya gt pd cuek aja , inilah gunanya sering cuci kendaraan , bs melihat yg calon rusak dsbnya kl hy pakai aja ya siapin dompet tebal ma ke bengkel Kang Ari tuk perbaikan 😋😋Salam kenal Kang Ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here