ARIPITSTOP.COM – Pemilik WithU Yamaha RNF Racing, Razlan Razali yang dulu sempat menjabat sebagai CEO Sirkuit Sepang Malaysia mengutarakan jika hal yang wajar bagi sirkuit Mandalika sebagai sirkuit baru jika mendapatkan beberapa kendala, hal itu berkaca ketika pengalaman dulu sirkuti Sepang menggelar balapan yang serupa, meski memiliki kekurangan teknis yang berbeda.

Sirkuit Mandalika memiliki trek sepanjang 4,310 km yang terletak di Lombok, menuai pujian karena menyuguhkan pemandangan indah. Para pembalap terkesan dengan layout dari trek sirkuit Mandalika meski para pembalap sepakat bahwa sebagian aspal di trek Mandalika mengalami pengelupasan sehingga batu kerikil pada beterbangan. Tak hanya itu, aspal terlepas di beberapa tempat dan batu kerikil di area run-off dianggap tajam. Tak sedikit yang berkomentar kalau Mandalika, tuan rumah MotoGP Indonesia 2022 pada 20 Maret, belum siap menggelar lomba.

Saat ini pihak pengelola sirkuit Mandalika tengah berjuang keras untuk mengaspal ulang trek yang sudah dianjurkan oleh pihak Dorna agar bisa selesai maksimal sepekan sebelum digelarnya balapan MotoGP seri kedua musim 2022.

Menariknya di tengah komentar kurang puas dari sejumlah pembalap dan tim, dukungan justru datang dari Razali. Kebetulan, ia merupakan CEO Sirkuit Sepang selama 2008 – 2020. Pria Malaysia itu juga merasakan tantangan serupa di awal pembukaan lintasan sepanjang 5,543 km. Sepang jadi tuan rumah balap motor elite pada 1999. Rekor 103.850 penonton pada GP Malaysia 2019 masih bertahan sampai sekarang.

“Sirkuit Mandalika mengingatkan saya pada Sirkuit Sepang saat baru dibuka pada 1999. Setiap rute baru pasti punya kesulitannya masing-masing, lebih tepatnya karena itu baru,” ujarnya lewat akun media sosial.

“Tapi ketika kami hadir di sana untuk uji coba, saya sudah merasakan getaran bagus, antusiasme, keingintahuan dan keramahan penduduk pulau.

“Dalam satu bulan, akan sangat gila. Saya tidak bisa membayangkan semua kekacauan, tapi itu akan jadi fantastis untuk Indonesia. Mereka punya dukungan yang dibutuhkan, terutama dari pemerintah. Sama seperti kami lakukan ketika kami memulai.

“Saya ucapkan semoga sukses untuk manajemen dan promotor GP Mandalika. Anda dapat mengandalkan kami para tetangga untuk membantu semampunya.”

sumber: motorsport.com

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here