ARIPITSTOP.COM – Rem CBS jika di Indonesia hanya tersedia di matic motor keluaran pabrikan Honda, rem ini memadukan sistem rem belakang menyatu dengan rem belakang. Jika di matic entry level seperti Beat, Scoopy dan Vario dengan mudah melepas rem CBS karena rem belakang memakai rem tromol, lalu bagaimana cara melepas di motor PCX 150 dan ADV 150 yang rem depan dan belakang memakai rem cakram.

Rem CBS bagi sebagian biker kurang bermanfaat bahkan ada yang menilai berbahaya jika dipakai di daerah pegunungan yang banyak jalanan tanjakan dan turunan yang butuh pengereman secara maksimal dan bergantian agar rem tidak blong. Karena sistem kerja rem CBS yang menekan rem depan dan belakang secara bersamaan maka dinilai sebagian biker menjadi penyebab terjadinya rem blong, lalu bagaimana cara matiinnya.

Jika di motor Beat dan Vario cukup dengan melepas kabel pengait rem CBS, berbeda dengan ADV 150 dan PCX 150, karena sistem pengereman memakai rem cakram maka di motor ini ada tambahan master rem CBS yang menghubungkan antara rem belakang dengan rem depan.

Untuk matiin kerja rem CBS sebenarnya terbilang mudah, karena hanya melepas master rem CBSnya saja. Kali ini saya akan share cara matiin rem CBS dengan cara sultan yaitu mengganti semua selang rem depan dan belakang menggunakan selang rem after market. Bahan yang diperlukan:

  1. Selang rem panjang 200cm 1 pcs untuk rem belakang
  2. Selang rem panjang 60cm 1 pcs untuk rem depan
  3. Selang rem panjang 75cm 2 pcs untuk rem depan
  4. Sambungan selang rem lobang 3 berbentuk T

Cara mengerjakannya, pertama kuras semua minyak rem depan dan belakang. Kemudian lepas semua selang rem depan dan belakang.

Jika semua selang rem sudah dilepas, kemudian lepas master rem CBS yang ada di belakang lampu depan.

Lalu pasang selang rem belakang yang panjangnya 200cm dari master rem menuju kaliper belakang.

Sekarang merakit bagian rem depan. Disini akan menggabungkan 2 piston utama dengan 1 piston rem CBS di kaliper depan. Selang rem panjang 60cm untuk disambungkan ke master rem, lalu dua selang rem yang panjangnya 75cm disambungkan ke kaliper depan.

Letakkan nosel atau sambungan selang rem di bekas dudukan master rem CBS.

Jika semua sudah terpasang, tinggal rapikan dan tentunya mengisi minyak rem.

Untuk lebih detailnya bisa dilihat di video dibawah ini:

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here