ARIPITSTOP.COM – Merasa terlalu tinggi naik motor PCX 150?, mungkin cara ini menjadi salah satu solusi buat kalian agar terasa nyaman tidak perlu jinjit lagi, apalagi bagi orang yang memiliki tinggi tubuh 160cm kebawah dipastikan akan merasa sulit saat sudah duduk di jok PCX. Motor yang pendek pasti menjadi salah satu kunci agar terasa nyaman, lalu bagaimana caranya?, sok belakang diganti pakai punya Aerox 155.

Memangnya berapa sich panjang sok belakang PCX 150? berikut saya kasih tabelnya ya… saya tambahin punya Old Nmax 155 juga:

PCX 150 Old Aerox 155 Old Nmax 155
335mm 304,9mm 332,9mm

Dari tabel diatas bisa kita ketahui kalau sok belakang Old Aerox yang paling pendek, bedanya sekitar 3cm. Perbedaan yang cukup panjang untuk sebuah sokbreker. Tengok perbedaan panjang sok PCX 150 dengan Old Aerox 155:

Lalu pemasangan sokbreker old Aerox 155 ke PCX 150 apakah PNP?, mudah kawan… Pemasangannya tidak PNP namun cukup mudah kok karena hanya menukar bhusingnya saja. Bushing sok punya Aerox ditukar pakai punya bawaan PCX. Berikut cara pemasangannya:

Tengok perbedaan bushingnya:

Bushing sok Aerox dilepas saja, begitu juga punya bawaan PCX, lalu punya Bawaan PCX tinggal masukin ke sok Aerox. Apakah sudah berhenti disini?, belum… ternyata bushing PCX lebih panjang, harus dipotong/gerinda untuk menyesuaikan dengan dudukan bhusing di sok Aerox, berikut gambarnya:

Kalau panjang bushingnya sudah disesuaikan, tinggal pasang saja dech… dan hasilnya, jreng… jadi pendek banget.

Lalu bagaimana ketika saya coba jalan?, naik motor ini buat saya yang punya tinggi badan 173cm jadi terasa sangat pendek banget, bahkan kependekan. Tetapi ini punya konsumen Zona Speed, orangnya miliki tinggi sekitar 160cm, jadi beliau merasa kesulitan/tidak nyaman dengan PCX 150 yang terasa tinggi. Makanya mencari solusi agar motornya jadi pendek.

Ketika diajak riding, saya coba sendirian dengan bobot saya 64kg, ketika melewati polisi tidur sich tidak terasa mentok, tapi kok sama2 keras ya… tapi mungkin ketika buat berboncengan akan mentok ketika melewati polisi tidur atau jalan yang rusak.

Solusi ini buat biker yang sering sendirian, kalau sering buat boncengan tidak disarankan memakai solusi ini takutnya mentok polisi tidur.

Advertisements

4 KOMENTAR

  1. jangan bro sis, bahayanya ketika bertemu dengan poldur yg tinggi sendiri aja sdh bakal mentok aplg bonceng keluarga anak istri, itu sdh didesain pas dgn jalanan Indonesia yg beragam dr mulus sd hancur lengkap dan lg pas banjir wl tdk tinggi karna posisi sdh pendek , filter pula makin pendek, tp terserah si kl belum terjadi biasanya cuek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here