ARIPITSTOP.COM – Memelihara motor bebek atau motor sport memang harus selalu perhatikan kondisi ketegangan rantai agar motor nyaman dipakai dan terhindar dari malapetaka. Meskipun hanya sekedar memeriksa dan menyetel kekendoran rantai, hal ini sangat penting dilakukan karena rantai ternyata juga bisa mencelakai, bikin kantong jebol bahkan mengancam keselamatan nyawa kita. Rantai yang kendor bisa berakibat fatal, salah satunya rantai mudah putus atau rantai lepas sehingga rantai akan menghanta, mesin dan akhirnya mesin bisa jebol atau bolong.

Jarak main bebas rantai roda dapat dikatakan hal penting dalam memastikan batas kekendoran dari rantai roda untuk mendapatkan tenaga yang optimal dari motor. Rantai juga harus diberikan pelumas agar tidak mudah aus dan berisik, pakai pelumas yang tepat. Rantai atau gear yang sudah aus, segeralah diganti dengan yang baru, jika tidak maka bisa terjadi rantai lepas dari gear dan berakibat fatal.

Pada prisipnya rantai motor yang bekerja dengan bergesekkan dengan bagian lainnya akan mengalami keausan, sehingga butuh perawatan yang rutin. Merawat rantai motor merupakan salah satu hal penting hal sebagai langkah memperpanjang umur rantai dan menghindar kemungkinan lepas dari gear set.

Seperti yang dialami oleh bro Saiyidiena Mustaqim Movick Alaihisalam, diunggah di grou facebook, pemilik motor karisma ini sedang apes akibat mengabaikan rantai yang kendor. Dalam kondisi rantai yang kendor kemudian motor tetap diajak jalan, bahkan menaiki tanjakan, akhirnya rantai lepas dari gear.

Ketika rantai lepas dari gear, apesnya, rantai menghantam bagian blok mesin, akhirnya blok mesin jadi jebol alias bolong. Inilah salah satu contoh akibat mengabaikan merawat rantai.

Advertisements

3 KOMENTAR

  1. Punya saya karisma cover gear depan ada plat besi pelindungya, harusnya bisa meminimalisir kerusakan akibat tabrakan rantai yg putus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here