ARIPITSTOP.COM – Kali ini bengkel Zona Speed kedatangan motor All New Aerox 155 yang baru saja mengalami kecelakaan, karena kondisi yang cukup parah bagian fork depan, maka diputuskan untuk mengganti full fork depan satu set. Proses penggantiannya tentu lebih mudah dan hasilnya lebih nyaman ketimbang kalau forknya hanya dipress.

Musibah tidak ada yang tahu kapan datangnya, kalau sudah nasib ya kita jalani dengan mengambil hikmah apa yang sedang kita alami. Seperti yang terjadi pada pemilik All New Aerox 155 yang satu ini, kecelakaan dan akhirnya kondisi fork depan bengkok cukup parah.

Kalau melihat kondisi kebengkokannya, sebenarnya masih bisa dipress, tentu dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan kalau ganti baru. Namun kalau dipress segitinya, hasilnya tidak bisa 100% seperti baru, hanya sekitar 90% saja.

Tapi, kondisi fork yang satu ini ternyata rusak juga di bagian drat mur komstirnya, karena sudah rusak sekitar 75% maka diputuskan untuk ganti baru segitiga.

Pada motor All New Aerox ini kerusakannya ada pada bagian segitiga yang bengkok dan as sok yang bengkok juga. Tapi kita putuskan untuk juga mengganti bagian komstir, karena sudah ada benturan keras dan bagian komstir sampai terangkat. Kalau diganti baru, ada dua solusi yaitu ganti secara pretelan yang bagian rusak saja atau diganti full set fork depan.

Biayanya tentu akan beda, coba saya jabarkan untuk penggantian pretelannya:

  1. Segitiga atas Rp 730.000
  2. As Sok 2pcs Rp 580.000
  3. Oli Sok Rp 25.000
  4. Mur Komstir Rp 30.000
  5. Komstir Rp 250.000

Dan tentu belum termasuk biaya jasa pasang yang setiap bengkel akan berbeda-beda.

Kemudian kalau penggantian full fork satu set depan:

  1. Full Fork Assy Rp 1.870.000
  2. Mur komstir Rp 30.000
  3. komstir Rp 250.000

Kalau keduanya ditotal, selisihnya sekitar Rp 500.000 untuk penggantian versi pretelan atau full fork, ya sebenarnya sih nanggung banget ya… makanya yang punya motor memutuskan untuk mengganti secara full fork saja.

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini