ARIPITSTOP.COM – Kali ini bengkel Zona Speed kedatangan sebuah motor Mo M3 dalam keadaaan mogok, pemilik motor menuturkan kalau motornya baru 3 bulan yang lalu dilakukan servis besar sampai ganti cylinder dan piston, namun bukannya motor jadi sehat tapi malah semakin memburuk. Oli mesin terus habis dan akhirnya malah jadi turun mesin di Zona Speed.

Cerita kali ini merupakan cerita sedih, ketika pemilik Mio M3 ini menuturkan kalau awalnya motor mogok, dibawalah motornya ke bengkel dekat rumah. Ketika motor dibongkar, motor disuruh ganti cylinder dan piston, kemudian bagian CVT ada juga yang diganti yaitu roller. Pemilik motorpun setuju dan motor dikerjakan, namun begitu selesai, konsumen ini justru menemukan kalau motornya malah jadi ngebul asap putih di knalpotnya.

Akhirnya konsumen ini komplain ke bengkel tersebut, apa yang dia dapatkan?, diluar dugaan, dia disuruh nambah dana lagi Rp 800ribuan, akhirnya pemilik motor ini mundur karena sebelumnya sudah habis Rp 1,3 juta. Karena motornya ngebul, akhirnya oli mesinnya jadi cepat habis, dan sampai 3 bulan dipakai akhirnya motor mogok dan dibawalah ke Zona Speed.

Sampai di bengkel Zona Speed, pemilik motor memperlihatkan kepada saya sebuah nota dari bengkel sebelumnya, Masyallah… biaya servis besar bongkar piston saja tembus Rp 450rb, kalau di Zona Speed sudah dapat biaya turun mesin/belah mesin. Kemudian saya lohat harga Cylinder dan piston justru lebih murah dari harga normal sparepart aslinya, ini sudah jadi curiga part kw/palsu. Kemudian lihat harga Roller, wow… 95ribu, kasihan pemilik motor ini datang ke bengkel yang salah.

Akhrinya di Zona Speed, motor ini kita eksekusi dan ketika bongkar piston, waduh… piston dan cylinder sudah baret lagi… cylinder baret halus tapi piston sudah lumayan agak kasar. Kemudian…. hem… klepnya bocor, ini penyebab kenapa motornya ngebul terus dan oli mesin cepat habis. Ketika servis besar sebelumnya, diduga kuat motor ini tidak disekir klep dan sil klep tidak diganti, di nota juga tidak ada penggantian sil klep. Inilah kesalahan fatalnya, motor servis besar tapi tidak dilakukan pembersihan bagian head dan tidak disekir klep, makanya begitu motor selesai dirakit malah jadi ngebul asap putih.

Dan karena dalam 3 bulan sering kekurangan oli mesin, akhirnya stang piston alias kruk as jadi oblak, mau tidak mau motornya akhrinya harus turun mesin ganti kruk as.

Di bengkel sebelumnya sudah ditembak harga Rp 1,3 juta, dan setelah dibongkar di Zona Speed, saya estimasi total dari penggantian klep, piston dan cylinder, kruk as dan paking2 full semua part ori, total estimasinya sekitar Rp 2,1 juta.

hmhmhm… jadi malah nombok banyak. Semoga motornya awet setelah mendapatkan penanganan di Zona Speed.

Terlihat kondisi mesin yang hitam pekat melekat karena mesinnya sering kehabisan oli mesin.

Throtle Body saja sampai kotor pekat gini, tanda2nya sebelumnya g dibersihkan juga…

5 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini