ARIPITSTOP.COM – Kali ini bengkel Zona Speed ketemu kasus yang unik, Pemilik motor New Vixion mengeluhkan motornya tak bisa lari, tenaganya ngempos banget. Sebelumnya sudah dibawa ke bengkel lain untuk servis besar tapi hasilnya masih nihil malah motor semakin lama tambah ngempos. Akhirnya dibawa ke Zona Speed, awalnya pusing juga tapi akhirnya kasus terpecahkan dan endingnya bikin geleng-geleng kepala.

Ceritanya, pemilik motor Vixion ini mengeluhkan tenaga motornya loyo banget seperti ngempos, dibawalah ke sebuah bengkel deket rumahnya. Di Bengkel tersebut dilakukan servis besar penggantian cylinder dan piston, namun setelah semua selesai, ternyata tenaga motornya tetap ngempos, tidak ada perbedaannya.

Akhirnya motor dibawalah ke Zona Speed, sampai di bengkel, motor saya tes jalan, dan benar memang tenaga motor ini loyo banget seperti ketahan tidak bisa ngelos tenaganya.

Langkah pertama kita cek tekanan fuelpump, hasilnya masih normal, cek pengapian juga normal. Lanjut cek kondisi celah klep, setelannya coba kita setel ulang, dan motor tetap tidak ada tenaganya.

Lanjut motor coba kita lakukan infus, untuk membersihkan injector dan sedikit mengikis kerak di ruang bakar. Dan hasilnya ternyata masih zonk juga…

Pusing dech… Karena di bengkel sebelumnya dilakukan servis besar ganti piston, maka kita putuskan untuk mengecek kembali kondisi piston dan cylindernya, takutnya ada salah pemasangan atau yang lain.

Lanjut kita bongkar, awalnya agak aneh juga ini motor piston dan cylinder sudah baru, paking2 kondisi dilem2 tidak pakai part ori untuk pakingn2nya. Kita bersihkan semua dan sekir klep. Lanjut kita pasang rapikan semua, dan hasilnya… masih zonk…!

Motor sudah menginap dua hari tapi belum ada hasilnya, salah satu mekanik di Zona Speed, tiba-tiba terceletuklah suruh mengecek knalpotnya, takutnya lobangnya mampet.

foto ilustrasi

Ladalah… tobat jaran tenan… benar saja lobang knalpotnya sudah tinggal separo karena banyak kerak2nya. Haduh… sudah pusing2 ternyata knalpotnya mampet, lanjut knalpot dibawa ke tukang knalpot untuk dilakukan pembobokan.

Selesai knalpot dibobok, dipasang dan jreng…. motor jadi ngacir lagi.

Sebenarnya kasus lobang knalpot bisa mampet seperti ini bisa juga terjadi di bagian intake dan klep, biasanya banyak kerak disitu, kerak tebal. Kenapa bisa pada mampet?, yap… kerak2 tebal yang menumpuk ini terjadi akibat oli mesin ikut terbakar di ruang bakar secara terus menerus. Oli mesin ikut terbakar sudah tentu knalpotnya biasanya akan mengeluarkan asap putih atau yang dikenal dengan ngebul.

Kalau ngebul ini dibiarkan saja tidak diperbaiki, maka kerak hasil pembakaran di ruang bakar semakin lama akan menumpuk di lobang knalpot, klep dan lobang exhaust di cylinder head.

Akhirnya plong juga…

2 KOMENTAR

  1. Sy silent reader tp Bagus om Ari bahas terus aja seputar perbengkelan & subsitusi sparepart motor yang meringankan,supaya kita wong cilik ga dibodoh-bodohi sm mekanik abal2 & bengkel nakal yang cuma menguras uang wong cilik tapi penyakit motornya kaga sembuh2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini