ARIPITSTOP.COM – Musim 2023 menjadi musim terburuk bagi Honda, sudah 4 musim mereka susah meraih kemenangan apalagi memperebutka gelar juara dunia, rasanya seperti jauh diangan-angan. Kehancuran Honda di MotoGP disebut-sebut karena mereka tak mendengarkan masukan-masukan dari para pebalap terdahulu, seperti Dani Pedrosa dan Cal Crutchlow. Di masa-masa kejayaannya, Honda hanya mau mendengarkan saran Marc Marquez.

Mantan manajer Repsol Honda, Livio Suppo, berkata menurunnya performa Honda di MotoGP lantaran mereka terlalu fokus pada Marquez. Pebalap lain, seperti Dani Pedrosa atau Cal Crutchlow, kurang didengarkan saran dan masukannya.

“Anda pasti ingat beberapa wawancara Cal, yang tidak begitu baik tentang motornya. Dani juga mengeluh–bukan di depan umum–tapi dalam pertemuan teknis. Dia berkata bahwa motor Honda menjadi semakin sulit untuk dikendarai,” kata Suppo dilansir dari crash.net.

Namun dengan Marquez yang terus menang dengan 9 kemenangan saat kemenangan gelar 2018, kemudian 12 kemenangan dan gelar lainnya tahun 2019, masukan dari Dani Pedrosa dan Cal tidak didengarkan.

“Tentu saja bakat Marc sangat membantu. Dan mungkin salah satu kesalahannya adalah Honda saat itu tidak mendengarkan pembalap seperti Cal dan Dani,” lanjut Suppo.

“Mereka tidak terlalu peduli dengan hasil pembalap lain, mereka hanya fokus pada kemenangan Marc, kemenangan, kemenangan. Dan ini mungkin kesalahan terbesar.

“Dan kemudian ketika mereka menyadarinya, yang pada dasarnya terjadi bersamaan dengan kecelakaan Marc [pada tahun 2020], semuanya sudah terlambat.

“Tetapi itulah mengapa saya tidak berpikir hanya Jerez 2020 yang menjadi alasan utama Honda mengalami kesulitan besar dalam beberapa tahun terakhir. Ini adalah kombinasi dari beberapa hal.”

Ketika Pedrosa dan Crutchlow pensiun, masing-masing dari mereka menjadi pembalap penguji untuk tim MotoGP KTM dan Yamaha. “Tentunya sangat terkejut ketika mengetahui bahwa (Honda) tak menawarkan Dani sebagai pembalap penguji. Padahal Dani memiliki sensitivitas yang tinggi (terhadap motor),” tukas Suppo.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini