ARIPITSTOP.COM – Yamaha All New Nmax apakah bisa dipasangkan Spull model kabel panajng?, ini yang menjadi pertanyaan umum bagi para pengguna motor New Nmax karena tak sedikit yang beranggapan bahwa akibat posisi SGCU ada di depan atas alias dibelakang visor, maka kabel spull tidak akan nyampai kedepan. Namun ternyata sudah saya buktikan bisa terpasang dengan sempurna.

Kali ini bengkel Zona Speed kedatangan konsumen Yamaha All New Nmax yang mengeluhkan motor sering tiba-tiba mati pada saat jalan, tapi bisa langsung hidup lagi ketika distarter. Ketika kita cek menggunakan alat Diagnostic menunjukkan ada eror di bagian CKP.

Motor ini sebelumnya sudah keluar masuk di bengkel lain termasuk bengkel resmi namun tidak mendapatkan solusi hingga akhirnya datang ke benngkel Zona Speed.

Problem All New Nmax suka mati mendadak sebenarnya terjadi juga di Aerox 155 dan Lexi 125, kejadian awalnya motor suka mati mendadak ketika riding, bukan saat langsam atau berhenti sejenak seperti di lampu merah. Namun ketika motor mati, motor bisa dihidupkan lagi terutama ketika kunci kontak diputar ke OFF lalu di ONkan lagi.

Kemudian, ketika motor tiba-tiba mati seperti motor ngempos kehilangan tenaga, namun anehnya ketika mati tersebut lampu MIL tidak nyala.

Lalu apa masalahnya?, setelah kita cek memakai alat diagnostic tool, ternyata muncul kode 12, meskipun kode tersebut tidka muncul di speedometer. Kode 12 biasanya identik dengan soket/kabel spull yang terbakar, tetapi pada kasus ini justru soket/kabel masih mulus tidak ada indikasi terbakar/meleleh. Bahkan pernah terjadi juga pada motor Aerox yang soketnya sudah disambung langsung, namun mengalami kejadian yang sama. Jadi intinya kode 12 disini bukan karena masalah soket/kabel yang hangus/meleleh/terbakar.

Kemudian kita cek kabel spull dan dan soket, semua aman, soket dan kabel Spull meuju SGCU juga aman. Permasalahannya ternyata ada di sensor CKP yang eror.

Kemudian saya tawarkan untuk penggantian spullnya, karena CKP untuk yang asli ori itu menjadi satu kesatuan part dengan spull, kecuali kalau mau beli yang KW, banyak dipasaran tapi kualitansya ya beda dengan yang ori tentunya.

Harga Spull kabel panjang per bulan Agustus 2023 ini harganya Rp 890.000, kalau di Zona Speed ada tambahan jasa pasang sebesar Rp 50.000.

Langsung di eksekusi, ada videonya dibawah ini:

8 KOMENTAR

  1. persis yang di alami teman saya sekarang pakai aerox old. motor sering mati di jalan dan di stater hidup lagi, padahal tidak nongol kode 12.
    BTW kang ari kode spull nya apa itu ya?
    dan untuk aerox old bisa pakai spull lexi dan aerox conected gak?

    • Ada dua kerusakan, cobain switch standar sampingnya dimatiin dulu.
      Klo masih mati2 berarti ganti spull, spull kabel lanjang bisa dipakai untuk aerox old, aerox new atau lexi, new nmax

  2. kalau motor sport (R15 lama) mengalami hal yang sama seperti itu kendala ny apa mas Ari?, tapi di starter lagi agak susah nunggu beberapa menit dulu baru bisa hidup lagi, sampai sekarang kendala masih belum selesai.

  3. yamaha harusnya recall ini part karena terbukti bermasalah. vendor juga harus di investigasi buat perbaikan jangan suara konsumen dibiarkan aja

  4. tahun 2017 beli aerox lalu tahun 2020 ganti new nmax, selama pemakaian keduanya belum pernah ada kasus ky gt pdhl nyuci selalu di steam yg ktnya sering kena koilnya. selama pemakaian standar aja gak pernah kotak katik kelistrikan, matiin mesin gak pernah pk standar samping, perubahan cm dibagian cvt n knalpot selebihnya standar, bensin pk pertamax, oli tiap 2 bulan ganti, coolant ganti setahun sekali, smp skg blm pernah ada masalah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here