ARIPITSTOP.COM – Kali ini bengkel Zona Speed kedatangan motor Aerox 155 yang mengeluhkan motor tarikan kadang brebet saat akslerasi, kemudian yang paling parah adalah motor susah dihidupkan, motor bisa hidup asalkan gas sambil ditarik. Padahal normalnya adalah sekali pencet tombol starter maka mesin sudah langsung bisa hidup.

Keluhan dari sang pemilik motor adalah motor susah dihidupkan, motor bisa hidup asalkan gas sambil ditarik, kemudian saat jalan pun tenaga seperti ngempos atau kehilangan power waktu akselerasi mendadak. Anehnya, kendala itu kadang terjadi, kadang normal.

Langkah yang kita lakukan adalah sudah pasti mengecek dulu kondisi motor melalui Diagnostic tool, dan setelah dicek secara perlahan melalui Diagnostic tool menunjukkan sensor suhu hanya 18 derajat, artinya ini suhu tidak normal. Karena meskipun motor belum dinyalakan biasanya paling sedikit adalah suhunya dikisaran angka 30-40 derajat, dan ini dibawah 20 derajat celcius, artinya ada yang tidak beres dengan sensor suhu.

Sensor suhu pada motor ini sangat berpengaruh pada sistem kinerja semprotan bahan bakar, selain untuk menyalakan kipas radiator juga menjadi salah satu penunjang besaran jumlah bahan bakar yang harus disemburkan ke ruang bakar. Misalnya pada saat kondisi suhu mesin dingin, maka melalui informasi dari sensor suhu, ECU akan memerintahkan sistem chook otomatis, bisa dirasakan ketika motor injeksi pertama kali dinyalakan maka rpm atau langsamnya akan tinggi, kemudian ketika mesin sudah panas mencapai level suhu tertentu maka chook otomatis tidak berfungsi dan rpm / langsam akan normal.

OK, lanjut ke soal penanganan kasus di motor Aerox 155. Setelah terdeteksi ada yang tidak beres dengan snsor suhu, kita cek bagian kabel dan soket yang ada di sensor suhu, ternyata kondisi normal.

Maka diputuskan untuk mencoba snsor suhu yang masih normal, dan hasilnya, ketika motor dinyalakan langsung jreng nyala sekali pencet tanpa harus menarik handle gas lagi.

Kemudian kita cek besaran suhu lewat Diagnostic tool dan hasilnya sudah normal, dicek suhu mesinnya dalam kondisi mesin dingin adalah 43 derajat celcius.

Dan tak butuh lama langsung ganti sensor suhunya yang baru, dan motor langsung normal.

Untuk versi videonya, bisa diintip dibawah ini:

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here