ARIPITSTOP.COM – Jangan iri ya, pasalnya Pemerintah Malaysia menggratiskan biaya Tol untuk warganya selama arus Mudik dan Balik lebaran 2022. Hal ini dilakukan oleh Pemerintah Malaysia sebagai salah satu wujud THR bagi warganya.

Bukan hanya Indonesia yang mulai tahun ini sudah mengijinkan warganya untuk menjalani tradisi mudik saat lebaran, Pemerintah Malaysia juga mengijinkan hal yang serupa, namun bedanya Malaysia menggratiskan biaya jalan Tol yang biasanya dipungut ketika melewati jalan Tol.

Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob mengatakan diskon dan pembebasan tarif tol diperkirakan menelan biaya RM77,1 juta atau sekitar Rp 257 miliar yang akan ditanggung bersama antara Pemerintah dengan pemangku jalan Tol. Pemberlakuan biaya tol gratis di Tol Utara-Selatan dan Pantai Timur mulai 30 April hingga 1 Mei bersamaan dengan Hari Raya Idul Fitri. Kebijakan ini juga berlaku pada saat arus balik tanggal 7-8 Mei 2022 untuk memungkinkan pengguna jalan kembali dari perjalanan mereka ke kota asal mereka.

“Sejalan dengan fase transisi menuju endemisitas sejak 1 April 2022 dan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri yang diperkirakan jatuh pada 3 Mei 2022, pemerintah telah sepakat untuk memberikan tarif tol gratis dan diskon bagi Keluarga Malaysia yang pulang untuk merayakannya,” ujar Ismail Sabri Yaakob dalam sebuah pernyataan pada 25 April 2022 seperti dikutip dari Malay.

Terowongan jalan tol SMART di Kuala Lumpur, Malaysia.[THE STAR/ASIA NEWS NETWORK]
Selain itu, pemerintah Malaysia juga memberikan diskon 30 persen sampai dengan 50 persen untuk beberapa ruas jalan tol. Ismail mengatakan keputusan itu dibuat setelah berdiskusi dengan 30 pemegang konsesi jalan raya.

PM Ismail mengatakan, ini menjadi pertama kalinya bagi kedua pemegang konsesi membebaskan tarif tol untuk kedua perjalanan tersebut.

“Semoga dengan adanya potongan harga dan bebas biaya atau jalan tol gratis membuat perayaan Idul Fitri bersama orang-orang terkasih tahun ini semakin meriah,” kata Ismail.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here