ARIPITSTOP.COM – Tes resmi MotoGP selama sehari di Jerez de la Frontera, Spanyol, Senin (2/5/2022) lalu, ternyata menyuguhkan kabar yang mengejutkan, selain Suzuki yang akan mundur dari MotoGP mulai akhir 2022, tim RNF yang merupakan tim satelit dari Yamaha dikabarkan akan berpisah dengan Garputala dan akan bergabung dengan Aprilia.

Seperti diketahui saat ini tim WithU Yamaha RNF merupakan tim satelit pabrikan Yamaha Monster Energy. Sepeninggal Petronas sebagai sponsor utama pada akhir musim 2021 lalu, Razali langsung mengganti nama tim dari Sepang Racing Team (SRT) menjadi RNF. Mereka juga mampu mengikat kontrak kerja sama dengan WithU – perusahaan Italia yang bergerak di bidang listrik, gas, telepon seluler, dan internet – selama tiga tahun.

Menjelang MotoGP 2022 lalu, RNF menandatangani kontrak setahun dengan Yamaha dengan opsi perpanjangan selama dua tahun. RNF juga sepakat dengan Asosiasi Tim-tim Balap Internasional (IRTA) untuk tetap bertahan di MotoGP selama lima tahun.

Tapi dikabarkan tim yang dikomandoi Razlan Razali tersebut tertarik jadi tim satelit Aprilia. Terjadinya komunikasi antara RNF dengan Aprilia ditengarai soal harga pemasokan motor M1 yang dinilai terlalu tinggi, sehingga RNF memilih alternatif paket yang lebih terjangkau yaitu Aprilia.

Disisi lain, Tim RNF ditengarai kurang puas dengan performa motor Yamaha M1 2022. Dua pembalapnya yaitu Andrea Dovizioso dan Darryn Binder belum menunjukkan performa yang baik sejak awal musim.

Adapun CEO Aprilia Massimo Rivola tidak menolak ide membuka kemungkinan pembentukan tim satelit agar ada lebih banyak motor Aprilia RS-GP di trek. “Jika kami menerima permintaan menarik yang memungkinkan proyek berkembang, kami akan mengevaluasinya,” kata Rivola.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here