ARIPITSTOP.COM – Bengkel Zona Speed kali ini kedatangan tamu dengan motor Yamaha Lexi 125 dengan keluhan motornya suka mati mendadak saat jalan, namun motor bisa hidup lagi ketika distarter. Kejadian seperti ini awalnya hanya sesekali saja, namun seiring waktu berjalan, kejadian mati mendadak sering terjadi bahkan setiap kali mesin sudah panas pasti mati-mati.

Problem Lexi 125 suka mati mendadak sebenarnya terjadi juga di Aerox 155, kejadian awalnya motor suka mati mendadak ketika riding, bukan saat langsam atau berhenti sejenak seperti di lampu merah. Namun ketika motor mati, motor bisa dihidupkan lagi terutama ketika kunci kontak diputar ke OFF lalu di ONkan lagi.

Kemudian, ketika motor tiba-tiba mati seperti motor ngempos kehilangan tenaga, namun anehnya ketika mati tersebut lampu MIL tidak nyala.

Lalu apa masalahnya?, setelah kita cek memakai alat diagnostic tool, ternyata muncul kode 12, meskipun kode tersebut tidka muncul di speedometer. Kode 12 biasanya identik dengan soket/kabel spull yang terbakar, tetapi pada kasus ini justru soket/kabel masih mulus tidak ada indikasi terbakar/meleleh. Bahkan pernah terjadi juga pada motor Aerox yang soketnya sudah disambung langsung, namun mengalami kejadian yang sama. Jadi intinya kode 12 disini bukan karena masalah soket/kabel yang hangus/meleleh/terbakar.

Kemudian kita cek kabel spull dan dan soket, semua aman, soket dan kabel Spull meuju SGCU juga aman. Permasalahannya ternyata ada di sensor CKP yang eror.

Apa itu sensor CKP?, posisi sensor CKP menyatu dengan spull. tengok gambar diatas. Sensor CKP digunakan sebagai sensor utama untuk mendeteksi putaran mesin terutama pada kinerja pengapian. Fungsi Sensor CKP pada Motor Injeksi adalah sebagai pemberi informasi ke ECU/SGCU tentang kecepatan putaran mesin dan timing dari pengapian. Sensor CKP pada Motor Injeksi ini dapat mendeteksi putaran mesin serta posisi top piston agar koil & injektor yang terdapat didalam sistem mesin bisa bekerja tepat waktu.

Kalau sensor CKP rusak/eror, maka sistem pengapian akan berjalan tidak normal. Bisa kehilangan api sesaat yang menjadikan motor tiba-tiba mati saat riding, atau pengapian akan hilang sepenuhnya alias motor mogok.

Untuk penggantian sensor CKP ini pada motor memang disarankan ganti yang asli, namun untuk yang asli, itu harus satu set dengan Spull yang harganya per bulan Januari 2023 in menyentuh harga Rp 870ribu. Lumayan ya harganya…

Tapi, ada juga yang diganti sensor CKP saja, namun perlu diingat bahwa kalau hanya diganti sensor CKP saja berarti itu sensornya palu alias KW, karena kalau yang asli atau ori itu harus sekalain dengan spull. Meskipun saat pembelian sensor CKP, partnya dibungkus layaknya bungkus ori, dibungkus plastik dengan tulisan seperti part ori, namun dipastikan bahwa 100% itu part yang KW/Palsu. Contohnya ada dibawah ini.

Advertisements

14 KOMENTAR

  1. berarti R15 saya mengalami hal tsb, apakah bisa cuma kotor doang mas?, karena motor jarang pakai apa lagi akhir2 ini cuaca sering hujan jadi lembab motor jadi jamuran hahaha… parah.
    R15 saya juga seperti itu kalau sudah di petengahan jalan tenaga ngepos rpm gak stabil naik turun walau gas di tambah alhasil motor mogok tapi susah kalau langsung starter harus nunggu beberapa menit baru bisa starter lagi nanti peterngahan jalan seperti itu lagi, padahal gak tanda2 atau kode di speedometer.

  2. kebanyakan di group aerox pakai sensor CKP merek YUZAKA.
    aerox old saya 2020 kalau di stater agak susah nyala, kira2 apa nya ya kang ari?
    kalau di pencet 2x lancar.

  3. Klo Mio Soul GT 125 saya, lagi enak jalan tiba2 mati, nunggu 5 menit sambil berusaha distater baru bisa idup, tapi apa iya karna itu??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here