ARIPITSTOP.COM – Kawasan Ancol resmi ditunjuk sebagai tuan rumah balapan Formula E tahun 2022 yang rencananya akan digelar pada bulan Juni mendatang. Proses pembangunan sirkuit masih berjalan bahkan proses pengaspalan sudah selesai 100%, bisa dilihat kondisinya dari atas ketika lokasi sirkuit ini ternyata berdampingan dengan stadion Jakarta International Stadium, indah banget ya….

Melihat data spesifikasi dari sirkuit yang dibangun dengan kilat ini, Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) ini memiliki panjang lintasan 2,4 kilometer (km). Sirkuit punya lebar 12 meter dengan 18 tikungan.

Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) punya lintasan lurus sepanjang 600 meter sehingga dirasa cukup untuk menggeber mobil Formula E sampai kecepatan tinggi.

Proses pengaspalan dinyatakan sudah selesai 100%, untuk lapisan dasar lintasan sirkuit Formula E menggunakan kayu galang yang ditancapkan sebagai teknik cerucuk memadatkan tanah yang masih lunak. Lapisan kedua adalah material bambu yang berfungsi sebagai penahan beban agar struktur tanah tidak turun dengan cepat. Lapisan bambu nantinya ditimpa oleh batu kapur atau limestone setinggi 50 sentimeter yang berfungsi sebagai penyerap air.

foto instagram Pakindro

Selanjutnya batu kapur dilapisi oleh lapisan karpet atau geotextile non woven yang berfungsi agar air tidak merembes ke atas aspal. Lapisan karpet kemudian diberikan lapisan batu hitam setinggi 20 sentimeter ditimpa dengan aspal hotmix setebal 15 sentimeter. Lapisan terakhir akan ada dua aspal halus yang kini sedang dikerjakan. Lapisan pertama setebal 7 sentimeter dan lapis kedua setebal 5 sentimeter.

Ajang balap mobil listrik Jakarta E-Prix akan diadakan pada 4 Juni 2022. Adapun tiket yang akan dijual sekitar 50 ribu lembar, 10 ribu di antaranya untuk kelas tribun sisanya untuk kelas lain di antaranya VIP. Harga tiket paling murah mencapai Rp350 ribu hingga jutaan rupiah yang paling mahal.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here