ARIPITSTOP.COM – Setelah mengundurkan diri dari berbaai jenis balapan terutama MotoGP, kali ini Suzuki secara pabrikan resmi mengumumkan akan kembali ikut balapan di tahun 2024 ini. Tepatnya pada balapan di Suzuka 8 Hours Endurance Race 2024 yang akan diadakan di Sirkuit Suzuka sebagai salah satu FIM Endurance World Championship (EWC) 2024, pada tanggal 19 hingga 21 Juli 2024.

Suzuki Motor Corporation akan berpartisipasi dalam 45th Suzuka 8 Hours Endurance Race 2024 dengan menggunakan Bahan Bakar Berkelanjutan dan berbagai item ramah lingkungan. Suzuki akan menggunakan 40% Bahan Bakar Berkelanjutan yang bersumber dari hayati, yang disertifikasi oleh FIM (Federasi Sepeda Motor Internasional). Karena ini bukan bahan bakar resmi EWC, maka Suzuki akan berpartisipasi dalam Kelas Eksperimental, sebuah kategori yang ditetapkan untuk tujuan eksperimental.

Selain itu, Suzuki juga memasang komponen dengan bahan yang sustainable atau berkelanjutan. Misal dari bagian knalpot, ban, oli, dairing, sampai rem yang disiapkan para sponsor yang setuju buat bereksperimen, membuat balapan lebih ramah lingkungan.

Tim yang akan dipimpin oleh Shinichi Sahara ini akan diberi nama “Tim SUZUKI CN CHALLENGE” dan sebagian besar terdiri dari karyawan Suzuki. Yoshimura Jepang bekerja sama dalam kemitraan kolaboratif.

Tujuan dari keikutsertaan Suzuki adalah mempercepat pengembangan teknologi performa tapi ramah lingkungan. Salah satu cara paling tepat adalah dengan diuji langsung dengan ikut balapan ketahanan. Setelah balap, akan didapatkan catatan untuk diterapkan ke motor yang dijual di masa depan.

Berikut berbagai komponen ramah lingkungan yang digunakan pada Suzuki GSX-R1000R:

  • BBM: Elf, Moto R40 FIM 40 persen memakai bahan dari alam
  • Knalpot: Yoshimura Japan, Silencer dengan katalis
  • Ban: Bridgestone, Ban balap dengan tingkat bahan daur ulang lebih tinggi
  • Oli Mesin: MOTUL, memakai bahan dasar dari alam
  • Fairing: JHI, memakai serat karbon hasil daur ulang
  • Fender: Tras, Bcomp (Natural flax fibre composite material)
  • Rem Depan: Sunstar Engineering, cakram baja anti panas dengan kampas minim debu.

Toshihiro Suzuki, Representative Director and President
“Saya mengucapkan terima kasih kepada FIM, penyelenggara EWC, dan Sirkuit Suzuka yang telah memberikan kami kesempatan untuk berpartisipasi dalam Suzuka 8 Hours with Sustainable Fuel.
Suzuki telah melakukan upaya dalam mengalokasikan kembali sumber daya untuk mendorong pengembangan teknologi terkait keberlanjutan. EWC adalah balapan yang sangat menuntut bagi mesin, pengendara, dan tim, yang terpaksa harus berlari berjam-jam. Dengan mengembangkan Bahan Bakar Berkelanjutan dan produk berkelanjutan lainnya dari Yoshimura Jepang, yang telah berjuang bersama kami sejak lama, dan mitra lainnya dalam lingkungan yang penuh tantangan ini, saya percaya bahwa hal ini tidak hanya akan meningkatkan teknologi kinerja lingkungan Suzuki tetapi juga untuk berkontribusi pada pengembangan personel dan meningkatkan motivasi, yang akan dikaitkan dengan pembuatan produk yang lebih baik di masa depan. Saya dengan hormat meminta dukungan antusias Anda.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini