ARIPITSTOP.COM – Kali ini kang ari mendapatkan kasus Honda Beat yang mengeluhkan motor ini ketika langsam kadang mati sendiri, ketika digas awal tiba2 kadang mati seperti kehilangan tenaga kemudian saat riding motor juga kadang tenaganya ngempos. Apa yang terjadi?.

Info ringan kali ini seputar perbengkelan yang mungkin bisa kita tangani tanpa harus ke bengkel terlebih dahulu, apalagi di masa PPKM seperti ini memang lebih baik semua tertangani di rumah kecuali sudah nyerah baru dech pergi ke bengkel. Yap, info ringan kali ini sang pemilik motor HOnda Beat FI ini mengeluhkan motornya sering mati ketika langsam, keluhan kedua adalah ketika grip gas dibuka sedikit secara perlahan motor tiba2 mati dan keluhan yang ketiga ketika motor diajak jalan terkadang tenaganya tiba2 hilang atau negempos.

Yap… motor langsung kita kerjain… pertama dicek dulu filter udaranya… weleh… mampet ini, filter udara mampet tentunya mengurangi pasokan udara ke ruang bakar dan berpengaruh soal motor yang kurang bertenaga bahkan sampai ngempos. Solusinya tentu ganti baru filter udaranya, kalau kepepet dompet kempes, filte rudara disemprot lalu bolongin biar udaranya ngeplong.

Aksi yang kedua, bersihkan Throtle Body, bongkar bagian setelan anginnya, karena komponen kecil ini biasanya suka banyak kotoran kalau filter udara mampet bahkan kalau TB jarang dibersihkan akan terjadi tumpukan karbon yang bikin langsam motor tersendat-sendat alias mati-2 bahkan mbrebet saat langsam.

Langkah ketiga cek businya… ketika busi dilepas, lach kok aneh… elektrodanya bisa copot begini patah di dalam. Ini nich tersangka utamanya sudah ketemu. Busi sebagai komponen pengapian terakhir ini harus dalam kondisi bagus agar pembakaran menjadi sempurna. Kalau kondisi elektroda patah di dalam seperti ini tentunya pengapian tidak akan sempurna, api menjadi terhambat dan membuat motor kadang mati2 terutama saat ada goncangan.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here