ARIPITSTOP.COM – Servis motor menjadi hal yang rutin agar performa motor tetap terjaga, ada beberapa jenis servis pada motor terutama untuk motor yang kini memakai sistem injeksi. Karena banyak sensor2 yang bisa eror jika salah penanganan, tidak semudah motor yang masih pakai karburator, sedikit sendor bahkan tanpa sensor sehingga bebas bongkar pasang karburator dengan mudah, berbeda dengan motor injeksi yang memakai Throtle Body, sebagain motor injeksi harus direset ECUnya ketika Throtle body dilepas saat servis motor. Makanya kita kadang melihat ada yang membersihkan Throtle Body (TB) hanya disemprot lewat filter udara agar tidak repot membongkar TB, lalu apakah cara ini efektif?.

Yap, disini saya sebagai penulis bukan mau menjustifikasi jika cara membersihkan Throtle Body (TB) lewat filter udara adalah cara yang salah namun hanya menunjukkan jika cara ini kurang efektif bahkan beresiko besar.

Cara efektif dan aman dan pasti bersih untuk membersihkan TB sudah pasti dengan cara dibongkar alias TB dilepas kemudian dibersihkan diluar motor. Memang sih… cara ini butuh waktu yang lama bahkan disini harus hati2 karena banyak sensor yang tertanam di TB, bahkan sebagian ada beberapa tipe motor yang harus direset ECUnya ketika membongkar TB, jika tidak direset maka motor bukannya nyaman setelah diservis tapi malah jadi eror karena langsam motor bisa naik-turun. Alat untuk mereset ECU juga lumayan mahal harganya sehingga belum semua bengkel terutama bengkel umum memiliki alat Diagnostic ini.

Karena agat ribet dan butuh ketelitian, makanya ada yang menggunakan cara lebih simpel yaitu menyemprotkan cairan lewat filter udara dengan tujuan membersihkan TB. Cara ini saya bilang kurang efektif bahkan beresiko karena kotoran yang menempel di TB justru akan masuk ke ruang bakar dan kotoran ini bisa beresiko menempel di bibir klep dan kompresi di ruang bakar jadi berkurang, alhasil motor malah jadi kurang bertenaga.

Menyemprotkan cairan lewat filter udara juga tidak bisa membersihkan TB secara maksimal, dibandingkan ketika TB dilepas. Yap, bahkan sudah dibuktikan oleh salah satu konsumen di Zona Speed. Sebenarnya pemilik motor Satri FU ini rutin untuk servis motornya, akan tetapi setiap servis hanya dilakukan penyeprotan TB lewat filter udara dan tidak pernah dilepas. Lalu apa hasilnya ketika TB dilepas?, bisa ditengok foto2 dibawah ini, TB masih kotor banget.

Jadi inilah kenapa saya bilang membersihkan TB lewat filter udara itu kurang efektif….

BEFORE

AFTER

Advertisements

15 KOMENTAR

  1. ma pakai injector cleaner yg dicampur ma bbm ini lbh efektif drpd semprot ke TB , intake , fuelpump lbh oke dan lbh tahan lama dgn pemakaian sekitar 3000 km pas campur ke bbm dgn banding full tank dgn sebotol injector cleaner isi krg lbh 65 ml bs dr yamaha , honda dan merk.lainnya

    • Gak perlu. Saya pernah bongkar TB sendiri di GSX S150 saya, waktu itu km 40000, herannya kondisi kotorannya gak terlalu parah, mungkin karena bbm nya juga, saya pake pertamax. Hanya ngebersihin silinder TB nya aja sama koin nya, idealnya ISC nya juga dilepas, tapi baut nya luar biasa kenceng, gak punya obeng ketok juga, jadi gak saya buka. Pas abis dipasang, rpm suka naik dan turun sendiri saat idle, beberapa hari kemudian normal sendiri, stabil di 1200,1300 rpm. Mungkin karena ISC nya gak dibersihin.

  2. karburator atau injector cleaner ada 2 yakni semprot atau spray dan yg dicampur ma bbm, engine cleaner atau carbon cleaner hy 1 yakni cairan yg dimasukkan ke dlm lubang busi dan biarkan bbrp menit lalu disedot kembali pakai alat sedot 😋itu aja perbedaannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here