ARIPITSTOP.COM – Yamaha Exciter 155 alias MX King 155 kini resmi dirilis di Thailand, praktis di Asia Tenggara hanya Indonesia yang masih belum juga merilis motor bebek sport kencang ini, Thailand baru saja dirilis sebelumnya dikenalkan di Vietnam, Malaysia dan Filipina. Lalu kapan Indonesia?

Sangat sulit memang untuk merilis motor bebek di Indonesia karena saat ini pasar motor bebek semakin tergerus, melihat data di Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) tercantum jika sepanjang tahun 2021 ini pasar matic menguasai 68,3% kemudian pasar motor sport sebesar 17,7% dan pasar motor bebek hanya 13,9%. Inilah salah satu alasan kenapa motor bebek sulit mendapatkan pembaruan karena pasarnya memang kecil banget, alias sudah tidak diminati lagi.

Pantas saja kalau Indonesia semakin ketinggalan soal pengembangan motor bebek, bisa dilihat dari nasib MX King yang sudah dirilis di negara lain di Asia Tenggara sementara Indonesia belum mendapatkan jatah.

Thailand resmi merilis Exciter 155 yang kini sudah memiliki update mesin terbaru dan beberapa fitur baru. Yamaha Exciter 155 dibekali mesin SOHC, 4 klep, dengan pendingin cairan, berkapasitas 155 cc yang memiliki diameter dan langkah piston 58,0 mm × 58,7 mm. Dengan penambahan teknologi VVA (Variable Valve Actuation), mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimum 17,7 dk @9.500rpm dan torsi puncak 14,4 Nm @8.000 rpm.

 

Mesin ini dipadukan dengan perpindahan gigi 6 speed dan ditambah fitur Assist & Slipper Clutch. Assist merupakan teknologi yang bisa meringankan pengoperasian tuas kopling, sementara Slipper Clutch bertugas mencegah roda belakang mengunci saat dilakukan shift down (penurunan gigi) secara ekstrem.

Selain mesin,fitur juga sama sepertiyang ada di Vietnam, motor ini memakai Keyless, kemudian terpasang juga charger HP, kemudian tangki bahan bakar kapasitas 5,4 liter, yang diklaim bisa digunakan untuk menempuh jarak 265 km saat tangki terisi penuh. Motor ini juga dilengkapi dengan lampu hazard dan dibekali engie cut off sehingga lebih terasa motor bebek sportnya.

Kapan dirilis di Indonesia?,

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here