ARIPITSTOP.COM – Keep safety riding, ketika naik kendaraan kita pasti menginginkan selalu dalam kondisi selamat tidak mau mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, namun jika sudah digariskan maka kecelakaan bisa menimpa kapan saja dan dimana saja. Seperti yang terjadi pada biker yang satu ini, mengalami kecelakaan tunggal menabrak sebuah trotoar hingga akhirnya terjatuh dan mengakibatkan motornya mengalami kerusakan cukup parah. Bagian Fork depan terlihat bengkok parah bahkan motor tidak bisa jalan, lalu kerusakan seperti ini apakah bisa dibenerin untuk menekan biaya perbaikan?.

Separah apapun itu kerusakan yang terjadi pada motor pasti bisa diperbaiki, hanya saja hasil perbaikan tentu akan berbeda dengan motor yang hanya mengalami kerusakan ringan. Bahkan nantinya akan berpengaruh terhadap handling ketika motor diajak jalan lagi.

Seperti yang terjadi pada motor Vario 150 ini, bisa dilihat bagian fork depannya mengalami kebengkokan yang parah bagian segitiga, bahkan as sok dan as roda juga ikut bengkok parah hingga melengkung.

Kondisi seperti ini bisa kok dipress, seperti yang sudah saya lakukan ini, fork ini saya press dan hasilnya juga bisa lurus lagi, lihat deh gambar dibawah ini. Terlihat luruskan…

Tapi, bagaimana ketika motor ini diajak riding?, tentu saja hasilnya akan berbeda dibandingkan dengan kondisi normal. Terlebih ketika buat riding kecepatan tinggi, terkadang terasa limbung atau kurang stabil, meski tidak semua motor yang pernah dipress akan mengalami hal yang sama bahkan terasa nyaman2 saja, itu hanya beberapa saja.

Terlebih jika kondisi rangka juga ikut bengkok, rangka yang bengkok juga bisa diperbaiki dengan cara dipress, biasanya press rangka bisa memakan biaya sekitar 400-600ribuan tergantung daerah masing2. Jika sampai rangka ikut bengkok dan dipress, meski kembali terlihat lurus, biasanya dipastikan ketika motor diajak riding sudah tidak akan stabil lagi terutama untuk kecepatan atas.

Jadi kerusakan pada fork depan atau rangka bisa diperbaiki, meski ada juga yang tidakakan bisa diperbaiki jika tingkat kerusakannya sangat parah. Dan tentu saja tingkat hasil perbaikannya berbeda tergantung dari tingkat kerusakan dan akan berpengaruh pada kenyamanan saat diajak berjalan. Tentu… akan lebih bagus ketika diganti baru namun pasti biayanya akan jauh lebih mahal.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here