ARIPITSTOP.COM – Motor matic gredek-gredek ketika akslerasi awal memang sangat mengganggu banget, bikin suasana tidak nyaman bahkan terkadang sampai bikin emosi. Banyak faktor penyebab motor matic bisa bergetar saat akslerasi awal, salah satunya adalah kondisi rumah kopling tidak rata.

Motot matic Apa sich penyebab motor matic gredek2 saat akslerasi awal?

Pertama karena faktor kesalahan desain/kontruksi atau salah riset dari pihak pabrikan, kalau faktor ini jelas2 hanya pihak pabrikan yang tahu penyebab dan solusinya.

Yang kedua karena faktor sil pully belakang bocor, sehingga grease atau gemuk alias pelumas di pully belakang bisa keluar dan menempel ke kampas kopling dan rumah kopling sehingga terjadi selip.

Kemudian faktor kampas kopling, bisa karena kampas kopling yang sudah tidak rata permukaannya, lalu kampas kopling sudah tipis juga terkadang bikin gredek. Kampas kopling after market juga berpengaruh grdek kalau kualitasnya buruk.

Faktor lainnya adalah rumah kopling peang, untuk rumah kopling ini biasanya ditandai dengan warna yang berubah jadi kebiruan. Biasanya karena faktor pemakaian, sering ngerem sambil digas.

Tapi bagaimana kalau kondisi rumah kopling tidak kebiruan namun tetap berwarna normal namun jsutru bikin gredek-gredek? contohnya rumah kopling Honda PCX ini, dilihat dari luar terlihat normal tapi kalau dilihat secara teliti, ternyata permukaannya sudah peang, kok bisa?, cekidot…

Lihat permukaan dalam rumah kopling yang bergesekan dengan kampas kopling. Kalau dilihat ada bagian yang tidak tersentuh kampas kopling.

Bagian yang tidak tersentuh kampas kopling berwarna kecoklatan seperti ada karat.

Lihat sekali lagi…

Kalau sudah seperti ini tandanya rumah kopling sudah peang alias permukaannya sudah tidal rata sehingga kampas kopling tidak menempel sempurna, inilah salah satu faktor kenapa bikin gredek2.

Kenapa rumah kopling bisa peang seperti itu?, faktor pemakaian, pemakaian kampas kopling after market, sering selip karena sil pully bocor, desain atau kesalahan pabrikan.

Kalau sudah kondisi seperti itu, disarankan ganti rumah kopling yang baru agar masalah gredek bisa hilang.

Advertisements

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here