ARIPITSTOP.COM – Selain aki, salah satu komponen kelistrikan yang memiliki peran penting yang ada di motor yaitu Regulator Rectifier atau lebih akrab disebut kiprok. Peranti ini punya fungsinya menstabilkan arus listrik yang datang dari spul, kemudian diteruskan ke aki. Kalau Kiprok rusak, tentunya bagian kelistrikan akan terganggu kinerjanya.

Jika kiprok rusak, jelas saja alur sistem kelistrikan tidak akan berjalan baik. Biasanya jika Kiprok rusak yang paling terasa adalah lampu2 sering putus secara bersamaan dan aki mudah soak, bahkan untuk motor injeksi bisa berakibat motor mogok.

Pada motor injeksi, mudah pengecekannya, dalam kondisi langsam dan motor berjalan tegangan yang ada di aki harus 14 Volt, jika lebih dari itu maka aki akan cepat panas dan lampu2 bisa putus secara bersamaan. Lalu jika tegangan di aki kurang daro 14 Volt ketika motor hidup, maka biasanya yang terjadi adalah aki akan cepat soak karena penyetruman berkurang.

Lalu kenapa Kiprok bisa rusak bahkan sampai meleleh?, seperti yang terjadi pada motor CBR150R tahun 2015 ini yang datang ke bengkel Zona Speed dalam keadaan mogok dan distut.

Faktor pertama tentunya karena faktor umur alias usia kiprok atau bisa dibilang memang audah waktunya ganti bisa dilihat dari kondisi motor yang dalam kondisi standar tanpa ada penambahan variasi bagian kelistrikan.

Faktor yang kedua akibat kelebihan beban, penambahan variasi keliatrikan seperti klakson, atau lampu2 tambahan akan berakibat kinerja Kiprok akan berat karena beban yang diterimanya semakin besar, tegangan yang keluar terlalu besar.

Spul rusak, sumber pertama kelistrikan di motor adalah spul, dari ini arus listrik disalurkan ke kiprok untuk disearahkan. Jika arus dari spul terlalu besar atau terjadi konslet di spul maka bisa berimbas Kiprok ikut rusak.

Faktor lainnya adalah terjadinya konslet, bisa terjadi akibat konslet dari penambahan variasi, lau konslet internal dari kabel body atau soket kemasukan air akibat banjir, hujan atau ketika mencuci motor.

Monggo jika ada yang mau menambahkan…

Advertisements

4 KOMENTAR

  1. Mas ari, ini sekarang posisi motor sy mio smile pakai kiprok tiger dari fukuyama, trs spull dililit ulang biar arus cukup kuat buat ngangkat lampu hid yg sya pasang, dan sejauh ini alhamdulillah aman, sama arus jg udah dirubah ke DC, yg mau sy tanyakan hal kaya gitu perawatannya gimana biar semua komponen awet

  2. Mas ari, ini sekarang posisi motor sy mio smile pakai kiprok tiger dari fukuyama, trs spull dililit ulang biar arus cukup kuat buat ngangkat lampu hid yg sya pasang, dan sejauh ini alhamdulillah aman, sama arus jg udah dirubah ke DC, yg mau sy tanyakan hal kaya gitu perawatannya gimana biar semua komponen awet, dalam artian semua biar jalan spt itu sbg mana mestinya, nggaada variasi lain di kelistrikan selain lampu hid aja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here