ARIPITSTOP.COM – Ada tetesan oli di lantai?, segera cek apakah itu kebocoran seal, oring atau paking di mesin atau justru oli naik ke filter udara karena kelebihan mengisi oli. Kelebihan mengisi oli membuat kinerja motor bisa terganggu.

apa jadinya kalau kita bukan ganti oli tapi malah menambahkan oli yang sudah ada sehingga volumenya lebih banyak dari standar atau kita mengisi oli mesin yang baru dengan volume lebih banyak misalnya volume oli mesin yang dianjurkan cukup 1liter tapi diisi oli mesin sebanyak 1,5 liter, tarikan motor pasti berat bro. Bak kita berjalan di dalam air atau banjir pasti kita perlu tenaga lebih untuk jalan karena langkah jalan kita terasa berat. Karena power menurun maka konsumsi bahan bakar juga akan berlebih yang dirasa agak boros.

Selain dari power juga akan terjadi ”oil up” atau oli naik , yang dimaksudkan dengan oli naik adalah dimana karena volume oli besin berlebihan oli akan naik lewat lubang pernafasan menuju ke filter udara akhirnya filter udara basah oli, bahkan kalau terlalu banyak kelebihan menuang oli biasnaya filter udara akan menjadi terlalu basah membuat sirkulasi udara ke ruang bakar jadi terhambat sehingga power akan drastis turun bahkan oli mesin akhirnya ikut terbakar dan terjadilah ngebul asap putih di knalpot.

Contohnya pada motor Nmax yang satu ini, kapasitas oli mesin di motor Nmax adalah 900ml untuk penggantian berkala. Namun pada faktanya adalah, para biker dengan sengaja menuang oli sebanyak satu liter sesuai kapasitas pada botol oli yang dibeli, intinya ada sisa 100ml itu katanya sayang kalau dibuang makanya sekalian dituang saja, duch… inilah kenapa selalu ada olidi box filter udara bahkan sampai menetes di lantai karena terlalu banyak oli mesin yang naik filter udara.

Kelebihan mengisi oli juga akan berpengaruh pada kondisi seal dimesin, saat ini saya sering mendapatkan motor Nmax atau Aerox yang seal kruk as-nya bagian CVT cepet bocor, itulah salah satu efek kelebihan mengisi oli mesin, oli mesin berusaha untuk keluar dari mesin sehingga tekanan oli mesin membuat seal cepat bocor.

Jadi pada intinya adalah… pakailah sesuai anjuran pabrikan saja.

Lihat gambar dibawah ini, nomor satu adalah posisi selang pernafasan mesin, selangnya dari cover cylinder head disambungkan ke box filter.

Nomor adalah seal kruk as yang sering bocor.

Penampakan oli mesin naik ke box filter udara.

Advertisements

4 KOMENTAR

  1. kalo d mesin ngonda nggak terjadi apa’ om . paling cenderung berat d mesin. saya sendiri lebih suka ‘under oil’ tapi paling tiap 1000-1500km ganti oli.

  2. Om vixion saya rpm 6rb keatas kok ngeden ya, bisa tembus ke 10rb tapi ngeden serasa kayak bonceng 3 orang…oper 1-2 suara keclak kuat gitu 😆 trus pas langsam di blok kanan ada suara halus dok dok dok gitu, tapi ilang pas kopling ditarik 🤔 Kilometer masih 25rb pdhl

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here