iklan iwb

pengalaman kena razia bersama yamaha xabre  (2)

Sering kali kita kaget jika melihat razia di depan kita padahal kita dalam kondisi komplit apalagi yang tidak komplit pasti akan berusaha menghindar bahkan nekat putar balik melawan arus menyepelekan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Tidak dipungkiri kalau kita kaget ketika ada razia memang refleks ada rasa semacam takut.

Nach pada saat razia di jalan lurus sering kali banyak pengendara yang putar arah atau mencoba mengambil posisi ke kanan bahkan sampai melanggar garis marka dengan tujuan terhindar dari razia… nach bagaimana jika razia itu terjadi di tikungan, sangat berbahaya bagi pengguna jalan karena terdapat blind spot. Meski tidak tepat di tikungan namun sering kali kita jumpai hanya berjarak beberapa meter saja dari tikungan dan hal ini masih berpotensi membahayakan para pengguna jalan, lalu bagaimana hukumnya razia di dilaksanakan di tikungan…?.

Saya coba cari tahu di hukumonline bahwa ternyata polisi dilarang mengadakan razia ditikungan karena berpotensi membahayakan pengguna jalan dan hal ini sudah diatur dalam Pasal 21 PP 80/2012 yang bunyinya :

Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan secara berkala dan insidental dilakukan di tempat dan dengan cara yang tidak mengganggu keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.

Jadi, dari bunyi pasal di atas dan penjelasannya jelas dan tegas diatur bahwa tikungan jalan merupakan tempat yang antara lain mengganggu keamanan dan keselamatan lalu lintas sehingga razia kendaraan bermotor yang dilakukan di tikungan jalan merupakan pelanggaran hukum dan kita berhak menolaknya.

Hal ini juga pernah diulas oleh detik.com dimana razia lalu lintas yang digelar Sat Lantas Polres Kota Mojokerto kerap membahayakan pengguna jalan karena berada di tikungan (bisa di klik disini). Dan gambar dibawah ini dikirim oleh bro Aries Scrap diambil dari grup facebook grup jual-beli moga randudongkal dan sekitarnya, lokasi razia ada di  jalan.moga-guci kec.moga kab.pemalang jateng.

razia di tikungan

Kalau ini video razia di tikungan lokasi di belakang cibubur juntion sehabis jembatan tol jagorawi.

video via hp klik disini

Advertisements

16 KOMENTAR

  1. bahaya kan cm buat pengguna jalan, kl buat polisi malah menguntungkan, krn bs spt jebakan batman.
    Aturan dibuat utk dilanggar, meskipun polisi lbh tau aturannya.
    Di tikungan abis taman bambu runcing muntilan jg gitu, bahkan hampir tiap hari ada.
    Aturan cm utk rakyat kecil, kl utk polisi sptnya hal spt itu kagak berlaku.

    • gak cm ditikungan, tp jg gak ada papan penunjuk kl ada operasi, bahkan tak jarang operasi cm dilakukan 2-3 polisi aja.
      Kl ditanya surat tugas, mereka malah balik bentak : “mau ngelawan polisi?”
      semoga polisi yg spt itu masuk surga, dan kl bs dipercepat.

  2. yang polkis siapa? yang ngadain razia siapa? koq anda yg malah ngatur? emg anda komandan saya?
    #kaboooooorrrrrr……….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here