Baca tips dari otosia.com ini saya langsung tertarik untuk membagikan dengan pembaca Aripitstop. Cara sederhana untuk menambal tangki yang bocor ringan hanya dengan cairan kimia berupa resin. Kalau tangki baru ngerembes atau bocor kecil masih bisa dilakukan ini dengan cara ini namun kalau bocornya sudah parah sampai bolong tentunya cara ini sudah tidak berlaku lagi kecuali harus ditambal dengan cara dipatri seperti layaknya panci bocor ditambal pakai patri.

Caranya ternyata gampang :

  1. Beli resin dan Hardener di toko kimia
  2. Lepas tangki, kuras pastikan Bensin terkuras abis

  3. Lepas kran Bensin

  4. Campur Resin dan Hardener sesuai petunjuk toko kimia di dalam wadah kecil (bisa memakai gelas bekas air minum)

  5. Masukkan adonan resin melalui tutup Bensin

  6. Goyang-goyangkan tangki biar cairan Resin menutupi lobang yang bocor

  7. Biarkan sehari semalam, biar cairan Resin mengeras

  8. Pasang lagi tangkinya

Ada yang pernah coba dengan cara seperti ini ? monggo saling kasih masukan…

tambal tangki dengan resin (1)

Advertisements

17 KOMENTAR

    • Yup, meluber sedikit tentunya, bisa ditempel lakban bagian tangki luar, Makanya diatas sudah saya tulis klo bocor gedhe tidak dianjurkan hanya sekedar rembesan saja

  1. Sebener’y itu tips udah lumayan lawas sih, cuma satu yg penasaran. Klo nti di isi bahan bakar, cairan resin’y yg udah kering bereaksi ga sama bensin?

  2. tips lawas.. sudah aplikasi di tangki GL dari 2tahun lalu aman bae.. beli resin+hardener gak sampe 30ribu..
    didieminnya tp gak cuma 1 hari 1 malam, semingguan karena pas itu sekalian tangkinya di cat ulang..
    tapi ada juga temen lain yg resin nya sekarang luntur dan bikin karbu bemasalah

    pake sabun colek cuma bertahan bentar doang, kalo buat emergency sih bisa saja

  3. yap, udah pernah juga liat orang pake resin begini untuk tangkinya.
    bener juga kalo gak cukup sehari semalem, kalo perlu dijemur tiga harian di terik matahari.

    untuk lubangnya ditutup pake lakban sama lubang keran bensin. abis dimasukin terus dikocok2 sampe bagian yang rembes ketutup.

    udah deh 3 hari kemudian, tinggal buka tutup2nya. jangan lupa yah lubang keran bensinnya dicoblos dulu biar sisa resinnya gak nutup area keran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here