ARIPITSTOP.COM – Repsol Honda resmi merilis penampilan terbaru mereka di musim MotoGP 2024, jika sebelumnya selalu didominasi warna putih, orange dan merah kini corak motor RC213V lebih dominan ke warna gelap. Repsol Honda ini dipastikan mempertahankan pembalap Spanyol, Joan Mir, yang kini ditandemkan dengan Luca Marini sebagai pengganti Marc Marquez.

Merayakan 30 tahun kolaborasi dan kemitraan antara Honda HRC dan Repsol, Joan Mir dan Luca Marini meluncurkan mesin Repsol Honda Team RC213V 2024 mereka yang mencolok di Warner Music Station di Madrid pada Selasa, 13 Februari 2024.

Tahun 2024 menandai musim ke-30 kolaborasi antara Repsol dan Honda HRC, kemitraan terlama dalam olahraga motor roda dua. Hubungan ini telah menghasilkan 15 Kejuaraan Dunia, enam Juara Dunia berbeda, 183 kemenangan kelas premier, 455 podium dan sembilan Triple Crown. Selain livery baru, kemitraan ini juga memasuki era baru seiring diperkenalkannya bahan bakar terbarukan di Kejuaraan Dunia MotoGP pada tahun 2024. Kolaborasi berkelanjutan antara Honda HRC dan Repsol memastikan tingkat performa maksimal tetap terjaga.

Joan Mir memasuki musim keduanya bersama Tim Repsol Honda, kini bekerja bersama Santi Hernandez. Pembelajaran selama setahun di tahun 2023 telah menyiapkan Juara Dunia MotoGP 2020 ini untuk mengalami peningkatan yang signifikan di tahun 2024, ambisinya untuk mencapai hasil yang lebih baik didorong oleh tingkat kerja dan pengembangan yang mengesankan dari para insinyur HRC. Hingga saat ini, pemain berusia 26 tahun itu telah mengoleksi 13 podium kelas premier dan satu kemenangan, di samping kampanye dominannya untuk memenangkan Kejuaraan Dunia Moto3 2017. Performa Mir di Sepang menunjukkan peningkatan yang ia dan Honda RC213V lakukan selama off-season.

Di sisi lain garasi akan ada Luca Marini, pemain berusia 26 tahun itu menjadi pebalap penuh waktu ke-20 yang mengenakan warna Tim Repsol Honda. Bergabung dengan kelas utama pada tahun 2021 setelah meraih enam kemenangan dan 15 podium di Kejuaraan Dunia Moto2, Marini telah menunjukkan kemajuan yang jelas dalam perkembangannya sebagai pebalap Grand Prix. Dalam tiga musim sebelumnya di MotoGP, Marini telah meraih dua podium Grand Prix, dua pole position, dan empat podium Sprint. 2024 akan menjadi musim pertama dari kontrak dua tahun bagi pemain Italia itu.

Honda RC213V 2024 tidak hanya menghadirkan livery baru, tetapi juga sejumlah peningkatan pada seluruh mesin. Mulai dari revisi aerodinamis hingga penyempurnaan pada mesin dan sasis. Penelitian dan pengembangan intensif di luar musim telah melahirkan sepeda motor yang merupakan langkah pertama dalam menutup kesenjangan dan berjuang untuk posisi terdepan. Baik Tetsuhiro Kuwata, General Manager HRC, dan Alberto Puig, Manajer Tim Repsol Honda, menyoroti pentingnya musim ini untuk tim dan kejuaraan.

Tim Repsol Honda kini akan berangkat ke Sirkuit Internasional Lusail untuk tes pramusim MotoGP terakhir pada 19 hingga 20 Februari sebelum musim dimulai dengan sungguh-sungguh di trek yang sama hanya dua minggu kemudian pada 8 hingga 10 Maret. Ini akan menjadi yang pertama berhenti pada kalender 21 balapan yang akan mencakup seluruh dunia sebelum berakhir di Valencia pada 17 November.

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini