ARIPITSTOP.COM – Para pemilik motor Yamaha Nmax, Lexi 125 dan Aerox 155 jangan kaget kalau di speedometernya muncul kode 37, kode ini memang menandakan ada sebuah sistem yang eror di motor namun tak perlu panik karena ini hanya masalah di bagian Throtle Body.

Salah satu keunggulan dari motor injeksi adalah bisa mendeteksi kerusakan yang terjadi pada motor, jika ada yang eror atau rusak terutama di bagian sistem injeksinya. Sensor akan memberikan sinyal kalau motor sedang bermasalah, sinya itu diteruskan ke ECU dan diteruskan ke Speedometer untuk bisa memudahkan kita menganalisa jenis kerusakan. Nah, salah satu conothnya adalah pada motor Nmax ini tiba2 keluar kode 37 di speedometernya.

Kode 37 menandakan adanya permasalahan di bagian ISC. Apa sih itu ISC ( Idle Speed Control) bisa dibilang ISC ini berfungsi menjaga idling rpm tetap stabil baik kondisi suhu dingin maupun panas dengan mengontrol jumlah udara yang disuplai ke TB (Throtle Body). Dengan ISC, keseimbangan putaran mesin saat langsam dan deselerasi bisa dilakukan, komponen ini juga membantu meningkatkan putaran mesin ketika suhu mesin masih dingin.

Posisi ISC ada di Throtle Body, sensor ini bekerja dengan cara mengatur volume udara yang masuk dari filter udara melalui Throtle Body ketika putaran mesin idle, langsam atau putaran mesin tanpa beban. Dengan cara bypass katup gas atau throtle valve dalam kondisi tertutup.

Bentuk ISC ini seperti tonjokan yang secara otomatis akan menutup atau membuka lobang by pass di TB sesuai yang diperintahkan oleh ECU, jika ujung ISC kotor atau lobang dudukan ISC di TB kotor penuh kerak maka kinerja ISC tidak maksimalnya alhasil asupan udara yang disalurkan ke ruang bakar tidak sesuai dengan yang dibutuhkan sehingga motor jadi mbrebet atau langsam tidak stabil.

Jadi bisa dibilang, ISC itu adalah kalau di mesin karburator biasa dibilang cuk otomatis. Kalau ISC terbuka maka langsam akan tinggi, kalau ISC tertutup maka langsam akan kecil bahkan mati-mati tidak bisa langsam.

Kalau terjadi masalah di ISC ini maka speedometer akan keluar kode 37 atau di indikator injeksi akan berkedip sebanyak 3 kali kedipan lama dan 7 kali kedipan cepat.

Masalah koed 37 bisa muncul biasanya ISC tersangkut kotoran, oring ISC bocor atau memang ISC sudah rusak. Solusi pertama tentu dibawa ke bengkel untuk dibersihkan ISCnya.

Namun jangan sembarangan bongkar ISC ya… karena setelah bongkar komponen ini harus dilakukan reset ISC memakai alat diagnostic yang dimiliki bengkel resmi dan kini juga sudah bisa dimiliki sebagian bengkel umum seperti di bengkel Zona Speed yang berlokasi di jalan raya Hankam, Bekasi. Kalau tidak direset, ketika motor hidup langsamnya akan tinggi banget hingga 2.000 rpm, dan kode 37 tidak akan hilang.

Komponen sensor ISC ini jiga tidak dimiliki oleh semua motor Injeksi, untuk sebagian besar motor injeksi dari Honda tidak memiliki sensor ini, untuk di Suzuki sebagian memakai sepeeti di Nex, GSX-R150, Bandit 150 dan GSX-S150, untuk di motor Yamaha ada di motor mesin YMJET-FI generasi Mio J, untuk generasi mio M3 tidak pakai ini termasuk Freego, lalu sensor ISC ini terdapat di semua motor Yamaha Maxi seperti Nmax, Aerox atau Lexi.

2 KOMENTAR

  1. ini motor apa kode togel sih Yamaha ada tiga kode kode 12 , 36, 37 kalau ude kena nangis dara loh biaya besar mending Honda bebas kode

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini