ARIPITSTOP.COM – Kali ini bengkel Zona Speed kedatangan konsumen yang mengeluhkan motornya minta dibenerin bagian mur drat kruk asnya, karena sebelumnya ketika servis CVT saat pemasangan Mur memakai impact dan kebablasan akhirnya mur selek. Untuk bisa buat jalan ke Zona Speed akhirnya Mur kruk as tersebut dilas.

Yap, servis CVT memang wajib dilakukan oleh para pemilik motor matic, namun perlu hati-hati ketika merakit kembali komponen CVT, kalau salah pasang atau salah perhitungan justru yang sebelumnya pengen hemat malah jadi nombok.

Seperti yang dialami oleh pemilik motor Aerox ini, awalnya hanya servis CVT biasa saja, namun karena salah perhitungan ketika memasang mur kruk as memakai impact akhirnya mur selek. Karena disarankan untuk turun mesin dan ganti kruk as yang baru yang biayanya mencapai Rp1,5 juta, pemilik motor keberatan dengan biaya tersebut dan akhirnya melakukan googling di HP kemudian menemukan bengkel Zona Speed di youtube yang bisa melakukan drat ulang kruk as tanpa harus turun mesin yang tentu biayanya jauh lebih ringan.

Kemudian mur kruk as dilakukan pengelesan agar bisa jalan sementara sampai ke bengkel Zona Speed.

Sebenarnya proses pengencangan mur kruk as memakai impact itu tidak ada masalah, yang penting pas dan tepat feelingnya, kalau kebablasan pasti murnya akan los dol, selek deh…

Pengencangan Mur/Baut pakai kunci Torsi

Untuk proses pengencangan mur kruk as terutama untuk motor Yamaha dan Suzuki memang disarankan memakai alat kunci torsi, agar Torsi kekencangan mur sesuai dengan ketentuan pabrikan. Kecuali motor matic Honda yang tipe dratnya besaar dan tipe drat kasar, memakai impact tidak jadi masalah.

Sampai di bengkel Zona Speed, akhirnya motor kita kerjalan, mur yang dilas, kita gerinda dulu kita potong, kemudian dilakukan proses pembuatan drat kruk as tanpa turun mesin. Biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan drat kruk as tanpa turun mesin ini adalah Rp 280.000, gratis seal kruk as dan mur baru. Proses pengerjaan memakan waktu 3-4 jam.

alamat bengkel: Zona Speed, Jl. Raya Hankam No.35, RT.001/RW.005, Jatimelati, Kec. Pd. Melati, Kota Bks, Jawa Barat 17415. google maps https://maps.app.goo.gl/wetboMR7yL8MfNdm9

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini