ARIPITSTOP.COM – Kali ini bengkel Zona Speed kedatangan konsumen motor Aerox 155 yang mengeluhkan motornya tak bisa dikunci stang, tak sedikit motor Aerox yang mengeluhkan motornya tak bisa dikunci stang dan rata-rata setelah mereka servis atau ganti komstir. Hati-hati buat para pemilik motor Aerox 155, Lexi 125, Nmax 155 & New Nmax karena punya permasalahan tidak bisa dikunci stang.

Motor tidak bisa dikunci stang, apa penyebabnya?, pertama bisa dari kunci kontaknya yang sudah rusak, yang kedua pernah ada riwayat jatuh atau tabrakan sehingga segitiga harus dipress, kemudian bisa juga dari salah pemasangan komstir, atau pakai komstir jenis bambu.

Nah kalau kasus yang terjadi di Aerox 155 ini memang unik, motor New Aerox umur masih muda mosok sudah rusak kunci kontaknya? kemudian motor ini kata konsumen pernah ganti komstir. Nach dari keterangan yang sudah pernah ganti komstir ini maka sudah bisa saya simpulkan dari awal kalau bengkel sebelumnya salah pasang komstirnya, bukan salah cara pemasangan tapi salah pasang jenis komstirnya.

Bisa dilihat di video dibawah ini.

Untuk mengetahuinya tentu harus bongkar komstirnya, kemudian komstir kita bongkar dan terlihat dech… ternyata benar kalau motor Aerox 155 ini tidak memakai komstir untuk Aerox 155 melainkan pakai komstir punya Nmax 155. Emang apa perbedaannya?, tengok foto dibawah ini:

Ketika motor tidak bisa dikunci stang, yang terjadi adalah tonjokan kunci kontaknya tidak masuk degnan pas di lobang stang/segitiga. Bisa dilihat dibawah ini, lobang kunci stangnya sedikit bergeser.

Masalahnya karena salah pasang jenis komstirnya, ini perbedaan antara komstir Nmax dan Aerox.

Ketebalan komstir beda, untuk komstir bagian bawah yang nempel di segitiga, bahan dudukan pelornya itu tipis, sedangkan untuk Nmax lebih tebal.

Kemudian untuk dudukan pelor yang nempel di rangka bagian bawah, juga beda bentuknya

Jadi, komstir Aerox 155 dan Nmax 155 itu bisa saling dipakai tapi konsekuensinya adalah tidak bisa dikunci stang karena ketebalan bahan komstirnya yang berbeda.

Lalu motor apa saja yang tidak boleh saling tukar?, untuk komstir Aerox 155, New Aerox 155, New Nmax 155 dan Lexi 125 itu komstirnya sama. Sedangkan untuk Nmax 155 old, Grand Filano 125 sama punya Xeon 125 dan Vixion bisa saling tukar.

Jadi jangan saling tuker ya…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini