ARIPITSTOP.COM – Motor ketika ditinggal lama apakah harus dikosongkan atau dipenuhi?, itulah yang selama ini masih dalam perdebatan karena masih ada dua versi. Namun yang pasti adalah ketika meninggal motor dalam jangka lama, jangna menyisakan bensin di dalam tangki karena akan timbul karat terutama untuk motor injeksi. Seperti contoh yang satu ini.

Jadi kali ini ada cerita dari pemilik motor Honda Scoopy FI, motornya tidak dipakai selama 6 bulan tanpa diapa-apain. Ketika ditinggal lama atau tidak dipakai tersebut, kondisi tangki ada isi bensinnya sekitar 1/4 dari tangki.

Ketika 6 bulan sudah berlalu, pemilik motor berniat menghidupkan motornya, namun motor tak kunjung bisa hidup dan dibawalah ke bengkel. Ketika di bengkel, motor dicek dan dibongkar hingga didapati kondisi dalam tangki yang sudah penuh dengan karatan.

Bisa dilihat kondisi dalam tangki, penuh dengan karatan, bahkan fuelpump juga ikutan karatan.

Tengok fuelpumpnya yang karatan.

Ini filter fuelpump jelas penuh kotoran karat.

Inilah salah satu contoh ketika motor didiamkan selama 6 bulan dalam keadaan terisi bensin.

Jadi tips ketika meninggal motor dalam waktu lama, kosongkan bensin di dalam tangki, terutama untuk motor injeksi. Karena motor injeksi ada komponen fuelpump yang salah satunya ada filter bensin yang terbuat dari semacam busa sehingga lebih cepat kotor ketika terendam bensin dalam waktu lama ketima motor diam.

Motor yang diam terlalu lama apalagi bisa lebih dari sebulan, maka otomatis akan jarang melakukan pengisian BBM, padahal BBM yang lama tidak dipakai akan menjadi basi, terlebih BBM yang diam sampai 1 bulan lebih akan mulai terjadi pengurangan kualitasnya, bahkan jika sampai 6 bulan kadang BBM ini sudah tidak bisa dipakai lagi.

Jadi untuk motor injeksi lebih aman tangki dalam keadaan kosong ketika motor akan ditinggal atau didiamkan dalam jangka lama.

1 KOMENTAR

  1. motor Shogun 125 R punyaku, pernah ga di pakai lebih dari 1 tahun .
    kondisi tangki terisi penuh , karena sebelum saya tinggal baru disi penuh BBM.
    tapi saat mau di hidupkan untuk di pakai tidak di temukan karat ,
    memang awalnya sulit hidup, saya hanya membuang bensin yg ada pada karburator.
    setelah itu bisa hidup normal lagi.
    sampai di ganti aki nya karena ga kuat kalau menyalakan lampu sein/ tidak mau kedip.
    karat itu kemungkinan karena kualitas bahan nya yg kurang bagus

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini