ARIPITSTOP.COM – Kali ini bengkel Zona Speed kedatangan konsumen yang mengeluhkan motor Honda PCX 150 miliknya tiba-tiba tidak bisa distarter. Tidak ada kode yang keluar di Dasbor Speedometer atau nyala Indikatornya. Lampu, klakson, Sein dan semua kelistrikan berfungsi dengan normal kecuali bagian starter saja.

Starter tidak ada reaksi, otomatis motor juga tidak bisa dihidupkan karena PCX 150 ini tidak memiliki engkol untuk menghidupkan motor jika starter elektrik bermasalah.

Konsumen menceritakan kalau tidak ada gejala apa-apa sebelumnya, tiba-tiba saja motornya tidak bisa distarter.

PCX 150 tidak bisa distarter, ada beberapa penyebabnya, seperti: Aki lemah/soak, tombol starter kotor atau rusak, switch rem kiri rusak, sekring putus, relay starter rusak, masalah di bagian CKP, dan masalah pada kabel2 atau soket.

Untuk kasus kali ini, saya cek semua komponen yang berhubungan dengan starter diatas ternyata pada normal. Namun ada yang unik nich…

Jadi ketika tangan merogoh dan menggoyangkan bagian kabel di ECM, ternyata motor langsung bisa nyala. Tapi ketika motor diajak jalan, ketika berhenti dan menyalakan motornya sudah tidak lagi. Lalu saya goyangkan lagi soket ECM dan motor bisa distarter lagi, FIX ini ada keanehan di bagian soket ECMnya.

Lanjut kita bongkar cover untuk melihat kondisi soket ECM. Sebelumnya saya juga pernah menangani kasus sama seperti ini pada motor PCX 150.

Kemudian kita lihat bagian soketnya, alhamdulilah soket masih utuh tidak terbakar atau meleleh. Karena kasus sebelumnya pernah ada yang meleleh bagian soket ECMnya yang kemudian kita ganti soket yang baru.

Untuk di motor PCX 150 yang baru ditangani ini ternyata soket masih bagus, penanganannya cukup menekuk skun di soket agar jepitannya lebih keras ketika menempel di ECM agar tidak mudah goyang tentunya, kemudian mengikat kabel ECM dengan posisi yang baru, untuk lebih lanjutnya bisa dicek video dibawah ini.

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini