ARIPITSTOP.COM – Kali ini Kang Ari kedatangan konsumen langganan yang sudah 16 bulan ini memakai motor Honda Vario 160, biasanya user cewek ini memakai Vario 125 lampu bohlam. Namun ketika memakai Vario 160 ini dia bercerita kalau semenjak turun dari dealer sampai sekarang mengeluhkan sok belakang yang terasa keras, jok juga terasa keras, akhirnya di bengkel Zona Speed dilakukan penggantian sok belakang memakai sok belakang X Ride.

Yap, umur motor sebenarnya 16 bulan namun sejak baru sudah mengeluhkan kondisi sok belakang yang keras sehingga kurang nyaman buat riding terutama saat riding jarak jauh. Karena mengeluhkan keras, akhirnya saya tawarkan untuk mengganti sok belakang memakai punya Yamaha X Ride yang sudah terkenal empuk.

Panjang sok belakang X Ride 330mm sehingga pas buat Vario 160 yang memang motornya agak tinggi dibandingkan generasi Vario sebelumnya. oiya… sok belakang yang dipakai adalah X Ride 115 atau versi yang pertama dengan kode depan 2BU. Ada tiga pilihan warna untuk sok X Ride 115, yaitu warna merah, hitam dan putih. Karena bawaan sok belakang Vario 160 berwarna hitam dan warna bodinya merah doff, maka saya putuskan lebih baik tetap pakai warna hitam saja.

Dan hasilnya:

Hasil Tes

Hasil pengetesan cukup mengejutkan, ketika motor kondisi diam dan bagian belakang diayun-ayunkan, memang terasa lebih membal ayunannya. Kemudian ketika diduduki, terasa kok perbedaannya, memang lebih empuk.

Lalu motor diajak riding, ketika melewati polisi tidur, terasa dengan jelas rebound dari sok belakang terasa lebih nyaman ketimbang memakai sok bawaan Vario 160, jelas terasa lebih empuk, namun sayangnya kondisi jok yang masih keras membuat duduk masih terasa kurang nyaman. Konsumen cewek ini akhirnya saya sarankan untuk mengganti busa joknya memakai busa Latex.

Ketika melewati polisi tidur memang enak, tapi ketika jalan lurus dan agak kencang ketemu jalanan yang bergelombang jadi terasa sedikit agak limbung, ini akibat efek dari sok yang empuk, jadi ada kelemahannya juga ya… kalau buat user yang dengan kecepatan tinggi ya jangna memakai sok ini, tapi…. jagan suka kebut2an di jalan raya ya…

7 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini