ARIPITSTOP.COM – PT Pertamina dikabarkan akan segera meluncurkan BBM jenis baru yang akan diresmikan pada bulan Juni 2023, BBM ini dikatakan merupakan campuran anatara Pertamax dengan Etanol yang berbahan dari tanaman Tebu.

Hal ini pertama kali diungkapkan oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dalam konferensi pers Selasa (6/6) lalu. Nicke membocorkan bahwa perusahaan akan menjual Bioetanol.

“Jadi nanti kita di bulan ini, nggak apa-apa ya Pak Alfian kita bocorin dulu, kita mau launching produk baru, yaitu bioetanol. Jadi Pertamax itu kita campur dengan etanol,” katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (6/6/2023) lalu.

Saat ini belum ada informasi mengenai harga resmi Bioetanol, tapi diperkirakan lebih mahal dari Pertamax. Sebagai informasi, Pertamax dijual Rp 12.400/liter di Jabodetabek.

BBM bioetanol akan diluncurkan setelah melalui berbagai uji coba. Terakhir, telah dilakukan road test di Surabaya, Jawa Timur pada 6 Juni 2023.

Pengujian dilakukan menggunakan kendaraan Toyota Kijang Innova Reborn matic in line 16 Valve DOHC dual VVT-i (137 Ps @5600RPM) dengan menempuh jarak harian 500 kilometer per hari.

Peluncuran BBM bioetanol ini sejalan dengan tujuan pemerintah untuk mengurangi ketergantungan minyak berbahan baku fosil.

Adapun produk sampingan tebu yang digunakan untuk campuran bensin bioetanol ini merupakan hasil produksi anak usaha PT Perkebunan Nusantara (PTPN) Grup yakni PT Energi Agro Nusantara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini