ARIPITSTOP.COM – Kali ini dari bengkel Zona Speed menceritakan kejadian fakta dari 3 konsumen berbeda yang mereka telah memasang sparepart KW di motornya, dan ketiga motornya tersebut mengalami kerusakan parah dan salah satunya sampai patah dan kejadiannya di tengah hutan, kemudian yang kedua justru mesin malah menjadi kasar parah.

OK, cerita kejadian yang pertama dan kedua ini kebetulan memakai part KW yang sama, yaitu motor Mio Soul dan Soul GT 125 yang keduanya memiliki masalah di bagian CVT tepatnya di bagian puly belakang. Yang satu ceritanya lagi keterbatasan dana, terpaksa memakai KW, dan yang kedua akibat bengkel yang menganjurkan konsumennya memakai part KW.

Sparepart KW yang diganti ini adalah bagian satu set puly belakang, karena kalau sparepart ori dijualnya secara terpisah, berbeda dengan sparepart KW bagian puly belakang yang biasanya dijual secara assy atau full set komplit tinggal pasang, meski ada juga yang dijual ketengan atua terpisah.

Bagian yang rusak tersebut adalah bagian puly cowok, alias bahasa inggrisnya itu Secondary Fixed.

Kejadian yang di motor mio soul, motor datang ke bengkel Zona Speed dengan keluhan suara motornya bersuara kasar dan bergetar parah. Setelah kita cek ternyata puly cowoknya sudah patah.

Kejadian yang kedua ini lebih miris, sang pemilik motor ini awalnya mau touring ke daerah puncak, makanya motornya dibawa servis dulu ke bengkel. Sama bengkel disuruh ganti puly belakang katanya sudah aus, namun yang dipasang itu sparepart KW.

Ketika sudah berjalan toruing, dan pas kebetulan lagi perjalanan pulang ada di area tengah hutan, motornya tiba2 tidka bisa jalan. Mesin tetap nyala tapi motor tidak mau jalan alias roda belakang tidak mau berputar.

Didoronglah cari bengkel terdekat, karena jauh dari peramaian atau kota, maka ketemu bengkel seadanya, disana akhirnya ketahuan puly belakang rontok patah, biar bisa dibawa pulang dulu yang penting smapai rumah, akhirnya puly yang patah tersebut sementara dilas. dan akhrinya bisa sampai rumah.

Kemudian cerita yang ketiga, ada motor Nmax yang mengeluhkan motornya bersuara berisik parah, suaranya bisa didengar pada video dibawah yang saya upload di instagram. Pemilik motor ini sebelumnya memang mengeluhkan motornya ada suara ngelitik, lalu dia berinisiatif untuk beli tensioner, dengan maksud beli yang ori di toko sparepart. Namun dirinya tak mengetahui kalau Tensioner yang dia beli itu adalah sparepart KW.

Kemudian tensioner itu dipasang sendiri oleh pemilik motor, namun tak berselang lama, bukannya suara sebelumnya hilang tapi malah motornya bersuara tambah berisik, akhirnya motor dibawa ke bengkel Zona Speed.

Setelah saya cek, ternyata Tensionernya adalah sparepart KW, baru dipasang dua hari sudah tidak ambles tidak bisa menekan rantai keteng, makanya suaranya jadi berisik.

Inilah efek resiko kalau memakai sparepart KW.

5 KOMENTAR

  1. alhamdulllah ketemu montir biasa yg bisa ngakalin pulleynya dengan dilas sementara. ada jg soalnya bengkel yg maunya pasang2 doang gamau ngakalin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini