ARIPITSTOP.COM – Sistem pengereman CBS lebih sering kita kenal ada di motor maticnya Honda, hampir semua varian motor Matic Honda ada pilihan tipe rem CBSnya. Namun bagi sebagian Biker, rem CBS ini kurang efektif terutama yang suka touring atau tinggal di daerah pegunungan, oleh karena itu tak sedikit dari mereka yang mematikan fitur rem CBS ini, berikut biaya dan cara mematikan fitur rem CBS.

Sejak 2009 silam, Honda telah merencanakan pengaplikasian Combi Brake System (CBS) pada seluruh matic Honda. CBS merupakan sistem pengereman yang menggabungkan rem depan dan rem belakang. Hanya dengan menekan tuas rem tangan sebelah kiri/tuas rem belakang maka rem depan dan rem belakang berfungsi secara bersamaan.

Pada rem depan jarak pengeremannya terlalu pendek sedangkan rem belakang jarak pengeremannya lebih panjang. Sehingga jika digabungkan akan menghasilkan pengereman yang optimal dan tepat.

Dengan adanya teknologi ini, porsi kebutuhan  antara rem depan dan rem belakang sesuai dengan kebutuhan pengereman akan dipotimalkan sehingga tercapai jarak pengereman yang diinginkan.

Namun pengereman dengan sistem pengganungan antara belakang dengan depan ini dinilai sebagian Biker kurang efektif bagi yang suka touring atau tinggal di daerah pegunungan. Karena ketika riding di daerah pegunungan, kita harus bergantian menggunakan rem depan dan belakang, tetapi dengan rem CBS ini tidak bisa bergantian karena ketika menekan rem belakang, maka rem depan ikut tertekan. Ada yang menilai bahwa penggunaan rem secara bebarengan di daerah pegunungan tidak bisa meminimalisir terjadinya rem blong.

Efek negatif lain dari rem CBS ini ketika motor sudah menginjak umur tua dan rem CBS kurang perawatan. Pengereman menjadi kurang pakem bahkan tidak nyaman untuk dipakai.

Makanya sebagian biker merubah rem CBS menjadi sistem rem biasa. Untuk motor matic Honda seperti Vario 125, Vario 150, Beat dan Scoopy bisa memakai cara ini. Dulu masih ada motor matic Honda yang dijual tipe Non CBS seperti pada motor Scoopy FI tahun 2013, inilah yang kita manfaatkan untuk kebutuhan mematikan fitur rem CBS.

Bahan yang kita perlukan adalah seperangkat rem kiri pada motor Scoopy FI tahun 2013 dan handle rem kanan. Berikut rincinannya (harga per bulan Februari 2023):

  1. Handle rem kanan 53175KRST80 Rp 45.000
  2. Handle rem kiri 53178KYT900 Rp 35.000
  3. Kabel rem kiri 43450K16901 Rp 75.000
  4. Switch rem kiri 35340K16901 Rp 22.000
  5. Bracket handle rem kiri 5317AK16A00 Rp 95.000

Tentu akan ada biaya tambahan jika dipasang di bengkel. Khusus untuk part rem diatas, ada yang jual paketan matikan rem CBS yang dijual secara online, tentu dengan harga yang bervariasi.

Cara pasangnyapun mudah:

Pertama, lepas handle rem kanan, lepas piranti rem CBSnya, kemudian pasang handle rem kanan.

Kedua, lepas semua piranti rem sebelah kiri, dari bracket handle sampai kabel rem belakang.

Ketiga, potong dudukan spion yang ada di bracket handle kiri motor Scoopy yang akan kita pasang.

Keempat, pasang semua piranti rem kiri motor Scoopy.

Pemasangannya simpel dan mudah bisa kita pasang sendiri di rumah kalau sudah biasa ngoprek motor sendiri.

Penampakan setelah selesai:

Advertisements

7 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here