ARIPITSTOP.COM – Dorna memang belum resmi mengumumkan jadwal balapan MotoGP musim 2023, namun sudah dipastikan untuk seri pembuka bukan di Qatar lagi melainkan di Portimao Portugal. Dan ternyata seri Mandalika juga akan berubah di akhir tahun lebih dulu seri GP Malaysia. Dilansir dari Speedweek kemungkinan akan ada 21 Balapan tahun depan yang tentunya juga akan dikombinasikan dengan format Jadwal Race weekend baru dengan hadirnya Sprint race.

MotoGP Portugal di Sirkuit Portimao bakal jadi seri pembuka musim 2023. MotoGP Portugal akan digelar 26 Maret. Hal ini dikarenakan sirkuit Losail Qatar sedang dilakukan renovasi besar-besaran, MotoGP Qatar sendiri akan tetap menggelar balapan musim depan tapi pindah status menjadi balapan akhir musim.

MotoGP Qatar dijadwalkan berlangsung 12 November atau digelar sebelum seri terakhir yang kembali bertempat di MotoGP Valencia, 19 November.

Perubahan jadwal di Qatar ternyata membawa perubahan jadwal juga untuk seri Indonesia yang digelar di sirkuit Mandalika. Jika di tahun 2022 digelar di awal tahun atau seri kedua setelah Qatar, kemungkinan besar untuk tahun depan akan berubah ke akhir tahun. Mandalika baru jadi tuan rumah MotoGP pada 29 Oktober atau akhir musim.

Artinya akhir musim MotoGP 2023 bakal menghadirkan banyak balapan di benua Asia. Dimulai dari MotoGP Malaysia, Jepang, Australia, Thailand, Indonesia dan ditutup Qatar.

Berikut bocoran Draf Jadwal MotoGP 2023:
26 Maret: Portimao/Portugal
2 April: Termas de Río Hondo/Argentina
16 April: Sirkuit Amerika/AS
30 April: Jerez/Spanyol
14 Mei: Le Mans/Prancis
28 Mei: Aragón/Spanyol
04 Juni: Mugello/Italia
Juni 18: Sachsenring/Jerman
25 Juni: Assen/Belanda
9 Juli: Sirkuit Sokol/Kazakhstan (diragukan)
6 Agustus: Silverstone/Inggris
20 Agustus: Red Bull Ring/Austria
3 September : Catalunya/Spanyol
10 September: Misano/Italia
24 September: Sepang/Malaysia
1 Oktober: Motegi/Jepang
9 Oktober: Phillip Island/Australia
22 Oktober: Buriram/Thailand
29 Oktober: Mandalika/Indonesia
12 November: Sirkuit Losail/Qatar
19 November: Valencia/Spanyol

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here