ARIPITSTOP.COM – Perjalanan tim RNF di MotoGP sepertinya memang sangat pelik, ditinggal sponsor utama mereka yaitu Petronas kemudian resmi berpisah dengan Yamaha mulai akhir musim 2022, kini tim asuhan Razlan Razali harus menelan pil pahit karena sponsor utama saat ini yaitu WithU sebuah perusahaan asal Italia itu juga ikut bercerai pasca Dovizioso pensiun dari MotoGP.

Dovizioso baru saja resmi pensiun dari MotoGP pasca balapan terakhir di GP Misano, pembalap asal Italia ini memutuskan untuk pensiun meski kontraknya belum selesai sampai akhir balapan musim 2022, akibat dirinya tidak bisa kompetitif lagi. Kabar berhentinya Dovizioso, ternyata kini RNF juga ditinggal sponsor utama mereka yang sama-sama berasal dari Italia, apakah karena faktor Dovizioso pembalap asal Italia yang pensiun?.

Bos RNF Racing, Razlan Razali tentu harus berfikir cepat soal ini, tentu tak mudah untuk menggaet sebuah sponsor baru dengan waktu yang mepet karena sudah harus dikejar untuk memulai balapan musim 2023. Dalam kurun waktu 13 bulan, skuad Malaysia itu kehilangan sponsor. Mereka ditinggal Petronas sehingga harus menutup tim di level bawah dan menyelamatkan skuad MotoGP.

Di tengah kesulitan, datang WithU dengan komitmen sebagai sponsor utama. Perusahaan Italia itu konon menggelontorkan lima juta euro (sekira Rp74,8 miliar) untuk memperkenalkan mereknya ke seluruh dunia.

Krisis energi yang melanda Eropa pasca perang Rusia dan Ukraina, tentu berdampak besar kepada penurunan pendapatan mereka. Sebagai informasi, WithU bergerak di bidang listrik, gas, komunikasi dan jadi penyedia internet. Daripada membuang uang lima juta euro di tengah situasi sulit, ditambah lagi prestasi RNF yang terjun bebas dengan Darryn Binder dan Andrea Dovizioso, maka mereka memutuskan untuk mengundurkan diri.

“Kami mengalami krisis ganda. Europe Energy Spa, perusahaan saya yang lama, telah meminta kompensasi. WithU, sebagai sebuah merek sendiri, masih terkoneksi dengan kuat,” ujar CEO WithU, Matteo Ballarin, kepada L’Arena.

WithU ingin berinvestasi pada tim voli Verona. Olahraga tersebut sedang naik daun setelah tim nasional Italia menjadi juara dunia baru.

“Saya kira sangat penting membawa fitur istimewa kami lebih dekat kepada orang-orang dalam momen seperti ini. Jika tidak, mereka tidak tahu bahwa kami eksis,” tuturnya.

“Kami telah menyerah untuk banyak sponsorship dan mempertanyakan lainnya.

“Menjadi sponsor MotoGP intensif, tapi situasi pasar tidak memberikan kami visibilitas apa pun hari ini. Dalam voli, di sisi lain, kami ingin lanjut karena merasa terlibat sebagai aktor utama.

“Bukan berarti kami akan meningkatkan sponsor di voli tapi ya, dalam MotoGP, kami akan menghentikannya.”

sumber: motorsport.com

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here