ARIPITSTOP.COM – Belum ada satu tahun Rossi pensiun dari MotoGP, faktanya penonton balapan MotoGP terasa menurunya, meski belum diketahui secara pasti penyebab menurunnya para penonton, namun anjloknya penonton di seri MotoGP Italia disinyalir ada faktor pensiunnya Rossi dari balapan MotoGP, atas kejadian ini, Rossi meminta agar para fansnya tetap menonton MotoGP.

Fakta mengejutkan datang dari MotoGP seri Mugello Italia 2022, sirkuit yang dikenal sebagai berkumpulnya fans berat VR46 ini mengalami penurunan penonton di sirkuit hampir 50%. Pihak Dorna langsung turun tangan untuk mengatasi merosotnya jumlah penonton tersebut, apakah karena faktor Rossi pensiun?.

“Hal terakhir yang kami lihat di televisi adalah tribune-tribune yang kosong,” ucap Ezpeleta selaku Managing Director Dorna Sports, mengkritik promotor lokal Grand Prix Italia, putaran kedelapan Kejuaraan Dunia Balap Motor 2022, akhir pekan lalu. Pria asal Spanyol itu menilai, sedikitnya penonton menjadi tanggung jawab promotor setempat. Faktanya, tiket GP Italia 2022 memang tidak mampu terjual habis.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh MotoGP, penonton MotoGP Italia di sirkuit Mugello tahun 2022 ini hanya 74.078 untuk gabungan tiga hari akhir pekan, dengan race day pada Minggu hanya 43.661 penonton. Sementara pada dua tahun sebelumnya MotoGP Italia tembus 150.129 penonton (2018) dan 139.329 penonton (2019), menurut pihak Dorna bahwa harga tiket yang terlampau mahal mempengaruhi jumlah penonton di Mugello kali ini.

Rossi pensiun disinyalir menjadi faktor kedua menurunnya penonton, Rossi memang memiliki daya tarik tersendiri di mata penggemar. Meski kini tak lagi balapan motor, Rossi masih sering berlatih dengan para anggota VR46 Riders Academy. Ia juga masih sering menonton balapan-balapan MotoGP, dan berharap rasa cinta Popolo Giallo terhadap MotoGP tak pudar. Dengan begitu, anak-anak didiknya di VR46 juga memiliki para pendukung setia.

“Saya adalah fans berat motor dan saya senang karena, berkat karier saya, banyak orang jadi suka balap motor. Orang-orang mengikuti balap motor dari dekat dan kini ada banyak pembalap muda di MotoGP yang balapan untuk tim saya. Saya pun berharap fans saya tetap menonton MotoGP dan menyemangati mereka,” ujar Rossi dilansir dari La Gazzetta dello Sport.

Tercatat 8 dari 9 anggota VR46 Riders Academy berlaga di Grand Prix. Pecco Bagnaia, Franco Morbidelli, Luca Marini, dan Marco Bezzecchi di MotoGP, sementara Celestino Vietti dan Niccolo Antonelli di Moto2, sedangkan Andrea Migno dan Alberto Surra di Moto3. Satu sisanya adalah Stefano Manzi, yang kini turun di WorldSSP.

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here