ARIPITSTOP.COM – Meski sekarang sudah jamannya motor dengan pengabutan injeksi, faktanya Yamaha masih menjual motor dengan pengabutan Karburator, tak tanggung-tanggung motor tersebut adalah Mio Sporty yang dulu sempat menjadi motor paling laris manis di Indonesia. Mio Sporty versi 2022 dan masih memakai karburator ini masih tetap dijual oleh Yamaha Filipina, namun kini dengan perubahan desain, bagian depan tetap Mio Sporty namun bagian belakang berubah jadi Mio Soul.

Jika di Indonesia Mio Sporty sudah disuntik matik kemudian digantikan dengan Mio J lalu hadir generasi Mio M3, berbeda dengan Filipina yang tetap mempertahankan Mio Sporty. Motor ini benar-benar tak lekang oleh jaman, faktanya motor ini tetap mempertahankan nama Mio Sporty dan tetap mempertahankan system pengabutan Karburator.

Soal mesin bagaimana?, masih tetap dipertahankan mengusung mesin 114cc 1 silinder SOHC berpendingin udara yang hanya mengeluarkan power maksimum diangka 7,7 Ps pada 8500 rpm dan torsi 7,2 Nm pada 5500 rpm. Sama seperti dulu, motor ini juga masih punya tinggi jok yang rendah banget hanya 745mm, kapasitas tangki 4,1 liter. Bobot yang ringan hanya 94 kg dan ukuran ban kecil 70/90-14 inch depan dan 80/90-14 inch dibagian belakang.

Kemudian soal desain ini yang seakrang berbeda namun tetap versi lawas, kok bisa…?, ya karena bisa dilihat desain bagian depan, sama persis tak ada ubahnya dengan Mio Sporty yang dulu dijual di Indonesia, tapi lihat bagian belakang kini terlihat menggembung karena memakai body Mio Soul.

Bagian depan tetap mempertahankan lampu smile di cover depannya.

Bagian belakang terlihat jelas memakai body Mio Soul versi karburator.

Bahkan lampu belakang tetap memakai Mio Soul juga.

Kemudian lihat bagian velgnya, masih memakai velg legend.

Namun kini tampilan speedometer dengan desain baru.

Knalpot terlihat memakai desain yang bau juga ini, terlihat lebih imut ya…

Bagian bak CVT berubah juga memakai punya Mio Soul.

Spion kini tidak lagi spion legend…

Dijual dalam 4 pilihan warna, Mio Sporty Karbu versi 2022 ini dibanderol dengan harga 71.400 Peso alias sekitar Rp. 19jutaan.

Spesifikasi:

Engine type Air cooled, 4-stroke, SOHC, 2-valve
Cylinder arrangement Single Cylinder
Displacement 114cm³
Bore & stroke 50.0 x 57.9mm
Compression ratio 8.8:1
Maximum horse power 5.7kW(7.7PS)/8500r/min
Maximum torque 7.2N・m(0.7kgf・m)/5500r/min
Starting system Electric starter and kickstarter
Lubrication system Wet sump
Engine oil capacity 0.9L
Fuel Supply System Carburetor
Clutch Type Dry, centrifugal, shoe
Transmission Type V-belt automatic
Advertisements

9 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here