ARIPITSTOP.COM – Yamaha Filipina sampai saat ini masih menjual Mio Sporty versi karburator, padahal di Indonesia motor ini sudah sejak lama dihentikan produksinya digantikan oleh generasi Mio J sebagai penerus Mio berteknologi Injeksi yang awalnya YMJET-FI kini sudah berubah lagi menjadi Bluecore. Uniknya, fakta yang ditemukan pada mesin Mio Sporty versi Filipina ini justru masih buatan Indonesia loch…

Yap, pertama kali Mio J hadir tahun 2012 sebagai pengganti dari era Mio Sporty yang memakai pengabutan karburator. Akan tetapi keberhasilan ketenaran Mio Sporty di Indonesia tidak bisa diteruskan oleh Mio J yang sudah kalah tenar dengan kompetitornya yaitu Honda Beat, bahkan sampai kini sudah berubah menjadi Mio M3 juga belum bisa mengimbangi penjualan generasi Honda Beat.

Masih Dijual…! Yamaha Merombak Mio Sporty Versi 2022, Tetap Masih Karburator

Namun berbeda dengan di Filipina, Mio Sporty tetap dipertahankan sampai sekarang dan tetap mengandalkan pengabutan karburator yang dinilai sudah ketinggalan jaman yang diera mesin injeksi bahkan kini sudah menuju era motor listrik.

Mio series di Filipina memang meraja lela, seperti halnay Yamaha Malaysia yang enggan menyuntik amti Jupiter MX 135, di Filipina tetap dipertahankan Mio Sporty, saking terkenalnya motor Mio di Filipina, semua line up motor matic di Filipina diberikan nama Mio didepannya, Mio Aerox kalau di Indonesia Aerox 155, Mio Gravis kalau di Indonesia Freego 125 sampai Mio Fazzio kalau di Indonesia Fazzio.

Oleh karena itu, Mio Sporty tetap dipertahankan meski kini bodi belakang berubah memakai desain bodi Mio Soul.

Namun ada yang menarik, ketika melihat spesifikasi motor Mio Sporty ini, melihat mesinnya ternyata masih buatan Yamaha Indonesia, lihat saja ada tulisan YIMM yang kepanjangan dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Wech… menarik ini, setahu saya memang komponen motor Yamaha di Filipina itu sebagian besar berasal dari Yamaha Indonesia, jadi istilahnya CKD gitu… Nmaun apakah semua komponen berasal dari Indonesia?, ini yang belum saya ketahui.

Mio Sporty 2022 di Filipina, dijual dalam 4 pilihan warna, Mio Sporty Karbu versi 2022 ini dibanderol dengan harga 71.400 Peso alias sekitar Rp. 19jutaan.

Advertisements

5 KOMENTAR

  1. stoplamp kayak mio soul lama??
    btw kl d pangkal standar tengah mio lama bnyk oli kira2 drmn om ari? orang tutup klep n noken as pdhal udh ganti..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here