ARIPITSTOP.COM – Ketika Honda merilis PCX160 tahun lalu, ada yang bertanya apakah bisa rem CBS dimatikan atau dirubah menjadi rem biasa yang terpisah antara antara rem depan dengan rem belakang, dan kini pertanyaan kembali muncul ketika Honda resmi merilis ADV160. Rem CBS dinilai oleh sebagian Biker justru kurang nyaman ketika dipakai namun tak sedikit pula yang menilai bahwa rem CBS justru lebih nyaman dibandingkan dengan rem biasa.

Ok, sekarang fokus ke pertanyaan, apakah bisa rem CBS punya ADV160 dan PCX160 dirubah menjadi rem cakram biasa?.

Yap, rem CBS adalah sistem pengereman yang saling terintegrasi antara rem depan dengan rem belakang. Ketika kita mengerem bagian depan saja, maka yang bekerja hanya murni bagian rem depan saja. Akan tetapi berbeda ketika mengerem menggunakan rem sebelah kiri alias rem belakang, bukan hanya rem belakang saja yang bekerja namun rem depan juga bekerja.

Jadi, CBS merupakan sistem pengereman yang menggabungkan rem depan dan rem belakang. Hanya dengan menekan tuas rem tangan sebelah kiri/tuas rem belakang maka rem depan dan rem belakang berfungsi secara bersamaan.

Namun bagi sebagian biker justru kurang nyaman dengan sistem kerja rem CBS, kalau tidak nyaman ya nmudah kok, tinggal dimatikan saja CBSnya menjadi rem seperti biasa. Lalu untuk ADV160 dan PCX160 apakah bisa dimatikan fungsi rem CBSnya?, bisa kok…

Saya sebagai penulis disini memang belum pernah merubah rem CBS di ADV160 dan PCX160, akan tetapi sudah pernah melihat bagian rem CBS di PCX160 dan ternyata sama saja kok bagian part2nya dengan ADV150 dan PCX150.

Kebetulan saya pernah mengerjakan mematikan rem CBS di motor ADV150 dan PCX150, caranya mudah banget tapi kalau yang tidak biasa bongkar motor sendiri lebih baik bawa saja ke bengkel langganan ya.

Lalu bahan apa saja yang perlu dibutuhkan untuk mematikan rem CBS di motor ADV150, ADV160, PCX150 dan PCX160 ?, berikut bahan yang perlu dibeli:

  1. Selang rem panjang 200cm 1 pcs untuk rem belakang
  2. Selang rem panjang 60cm 1 pcs untuk rem depan
  3. Selang rem panjang 75cm 2 pcs untuk rem depan
  4. Sambungan selang rem (nepel) 3 lobang berbentuk T

Jadi disini kerjanya adalah, rem bagian kiri tetap hanya fokus bekerja untuk rem belekang saja sedangkan untuk rem sebelah kanan tetap fokus pada kinerja rem bagian depan. Justru ada kelebihannya nich… yaitu rem depan berubah menjadi 3 piston yang tentunya pengeremannya jadi lebih pakem.

KOk bisa rem depan jadi 3 piston?, kaliper depan rem CBS itu memili 3 piston, namun yang murni untuk rem depan hanya 2 piston saja sedangkan satu piston yang bagian tengah untuk kerja rem CBS. Nach… ketika rem CBS dimatikan, maka Piston kaliper yang semua hanya untuk CBS kini dijadikan satu dengan rem depan, makanya ketiga piston di kaliper depan kini berubah jadi rem depan semua.

Mau tahu cara merubahnya? bisa simak videonya dibawah ini:

Advertisements

3 KOMENTAR

  1. Yg jadi pertanyaannya. Kenapa mekanisme rem CBS ini ga bekerja di tuas rem kanan aja gitu? Jadi tuas rem kiri cuma khusus rem belakang aja.
    Karna disaat tertentu kita cuma butuh rem belakang aja kalau rem depan ikutan ngerem malah bisa ndolosor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here